Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Di Kota Malang, Kemenkominfo bangun 1000 titik wifi gratis 

LENSAINDONESIA.COM: Kentrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membangun seribu titik wifi gratis di seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Pembangunan tersebut diungkapkan Menteri Kominfo Tifatul Sembiring saat melakukan edukasi tentang Pusat Layanan Internet
Kecamatan (PLIK) di Ponpes Bahrul Maufirah, Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (04/05/2013).

Dia menjelaskan bahwa dari 1000 titik itu sudah terbangun 300 titik. “Itu masuk program tahun 2012. Sedangkan tahun ini, wifi gratis akan dipasang di 700 titik,” jelas dia kepada wartawan di Malang.

Menurut dia, pemasangannya difokuskan pada tempat-tempat pelayanan umum. Dia contohkan seperti kampus, terminal, rumah sakit, ponpes dan tempat lainnya yang dinilai strategis. Pemasangan wifi gratis itu merupakan komitmen dimana tahun 2015 mendatang, minimal 50 persen penduduk Indonesia sudah menguasai dan terhubung dengan jaringan internet.

Itu mengingat, dengan pembangunan wifi gratis, bisa mendongkrak perekonomian Indonesia. Apalagi, tandas dia, berdasarkan data yang dimiliki, bisnis IT di Indonesia bisa menghasilkan Rp 400 triliun per tahun.

Selain itu, informasi pada era globalisasi ini sangat penting. Suatu negara akan berkembang dengan baik dan maju bila didukung oleh alat komunikasi dan informasi yang memadai. Makanya, dia mengaku bersyukur di Indonesia jumlah pengguna internet saat ini telah mencapai 50 persen.

Bahkan, tandas dia, jumlah pemakai handphone sudah hampir menyamai jumlah penduduk Indonesia. Sehingga, pembangunan wifi gratis diangap merupakan kebutuhan pokok. Makanya, dia memfokuskan pada pembangunan wifi di titik-titik stratrategis.

Meski begitu, Tifatul mengaku tak hafal mengenai jumlah anggaran yang dikeluarkan pemerintah melalui APBN dalam rangka pengadaan wifi gratis tersebut. “Kalau anggaran saya lupa. Selain anggaran dari pemerintah kami juga bekerjasama dengan Telkom yang menargetkan membangun 30 ribu titik wifi tahun ini, yang sudah terealisasi di Banyuwangi dan Bandung,” paparnya.

Baca Juga:  Tingkatkan layanan dan promosi, FIFGroup gelar SAFARI 2019 di Ramayana Sidoarjo

Ia menambahkan, infrastruktur program Indonesia connected juga telah dibangun dengan menghubungkan seluruh wilayah Indonesia, termasuk di setiap kecamata sebanyak 5478 kecamatan.

“Pusat layanan internet kecamatan saat ini sudah tuntas. Sehingga kemampuan IT anak-anak daerah bisa menyamai kemampuan anak di kota. Itu yang sangat penting,” pungkasnya.@aji dewa roisky