LENSAINDONESIA.COM: Anda yang bermimpi bisa berlibur ke London untuk menikmati berbagai ikon, sejarah, budaya, tradisi hingga gaya hidup kini tak perlu jauh-jauh bepergian. Tak perlu jauh-jauh untuk berangkat kesana, cukup melangkahkan kaki ke Jl Juwono 2 Raya Darmo Surabaya ada tempat hiburan yang menyajikan itu.

Di kawasan itu ada sebuah kafe yang disulap layaknya kota London. Kafe yang sangat kental dengan nuansa London ini bernama ‘Stilrod Cafe’. Posisinya yang tak jauh dari tempat wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan lokasi warga Metropolis bersantai alias `cangkruk` di Taman Bungkul, menjadikan kafe ini sering dikunjungi warga Surabaya.

Berbagai ornamen identik dengan London. Pada bagian depan pintu masuk, terpampang mobil Rare Austin FX 4 keluaran tahun 1964 (nama populernya Black cat). Lalu ditengah-tengahnya nampak satu pancuran air kecil di sudut kanan dengan sandingan ukiran Art Nouvu atau silir-silir dilantainya.

Kafe dengan konsep London ini sengaja menampang jelas lambang bendera Britania Raya yang digantung di sejumlah titik dinding untuk menguatkan British. Menariknya, ada point of view pada sudut tengah ruang outdoor kafe yaitu Phone Booth merah yang jadul (jaman dulu) diantara kursi kayu panjang berjejeran. Ada pula motor Morton Comando cc 850 keluaran tahun ’70-an dan Vespa versi Lambreta cc 150 terpampang didepan.

Momon, Marketing Stilrod, menjelaskan kafe yang bertemakan global industrial ini cenderung membidik semua kalangan sosial. Baik menengah keatas maupun menengah kebawah. Harga untuk menu yang ditawarkan pun relatif bersaing. “Minuman yang kami sajikan berkualitas oke, dengan range harga Rp 15.000-Rp 50.000. Sedangkan makanan, mulai dari Rp 12.000-170.000,” jelas pria 32 tahun yang mempunyai hobby bersepeda ini.

Dalam kafe yang eksis kurang lebih satu tahun ini, para pengunjung akan lebih leluasa memilih tempat duduk. Jika suka suasana outdoor yang sejuk, ‘Outdoor British Garden’ cocok jadi referensi. Selain itu masih ada Piccadilly Square, kursi kayu panjang pas buat rame-rame, atau Cottage Garden yang romantis, serta Indoor Dining Room yang cozy.

Selain nuansa artistic dan romantic buat diabadikan, Stilrod kafe juga menyajikan hidangan andalan khas London serta beberapa sentuhan hidangan Asia dan Internasional lainnya. Mulai dari hidangan tradisional berkebudayaan Inggris, Banger & Mashed siap disantap para pecinta kuliner di Surabaya. Ada pula minuman Ice Blend Blackforest, Mocktail Union Jack dan Green Tea yang bisa melelehkan ketegangan. Sedangkan menu berat pengisi perut kosong yang mengundang selera adalah Beef Bloody Tournedos.

“Kami mencoba menyajikan satu tempat kuliner yang khas di Surabaya, dengan menghadirkan konsep Authentic of London, juga membuka bagi para komunitas untuk bikin event,” sambung Momon yang mengaku asli Surabaya ini.

Stilrod Cafe juga menyajikan pemutaran film jadul. Acara pemutaran yang disebut ‘Beskop Surabaya’ ini, memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung Stilrod. Film yang diputarpun, film-film jadul yang pembuatannya di kawasan Surabaya. “Beskop is not Bioskop. Ini bertujuan agar arek-arek Suroboyo bisa memahami tentang segala hal terkait sejarah panjang Kota Surabaya,”, sebuah kalimat yang terlontar dari mulut Ipung, founder Surabaya Punya Cerita (SPC)nya.

Momon mengaku kalau dirinya cukup senang dengan adanya kerja sama dengan SPC ini, karena menurutnya meskipun kafe yang dikelolanya bernuansa London, namun budaya dan kuliner khas Surabaya bisa bisa lebih ter-ekspose. “Kami mencoba menampilkan sinergi yang berbeda agar pengunjung bisa seolah-olah berada di London namun tetap bisa menikmati budaya asli Surabaya berikut ragam makanannya,” jelasnya. @Dony Maulana