LENSAINDONESIA.COM: Ribuan orang tumpah ruah di jalan Merdeka, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, menyaksikan arak-arakan hasil bumi masyarakat kristiani, Minggu (12/05/2013) pagi.

Ribuan orang yang berkunjung tersebut berasal dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan.

Riyaya unduh-unduh (Hari Raya Unduh-Unduh) adalah gelaran acara untuk menyambut datangnya musim panen yang dilaksanakan oleh umat Kristiani Jema’at Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di wilayah Kecamatan Mojowarno.

Tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan lalu itu, tepatnya sejak tahun 1881, adalah sebuah perayaan rasa syukur atas panen dari hasil bumi kepada Tuhan. Seperti diketahui, mayoritas umat Kristiani di wilayah Kecamatan Mojowarno adalah petani.

Acara perayaan unduh-unduh dimulai pada pukul 06.00 pagi, dimana umat kristiani jema’at GKJW menampilkan rangkaian hasil bumi berupa padi, buah-buahan dan sayuran, serta hewan ternak untuk ditampilkan di acara
perayaan yang disaksikan ribuan orang. Arak-arakan dimulai dari gereja GKJW dan berakhir finish di halaman gereja GKJW.

Usai perayaan, para jema’at GKJW menggelar doa-doa syukur di dalam Gereja. Setelah acara doa, acara dilanjutkan dengan lelang hasil bumi yang tadinya dipamerkan dalam festival unduh-unduh.

Meski tradisi perayaan unduh-unduh adalah tradisi yang dilaksanakan oleh umat Kristiani, namun tradisi itu tak hanya menjadi milik umat Kristiani di wilayah Mojowarno. Buktinya, pagelaran tersebut banyak disaksikan dan dikunjungi oleh warga dari daerah lain dan dari agama yang berbeda.

Beberapa perempuan berpakaian muslim juga datang menyaksikan acara perayaan unduh-unduh. “Ini karnaval yang berbeda dari yang lain,” ujar Ninik (24), warga asal Kecamatan Ngoro -Jombang yang mengaku datang sejak pukul 06.00 pagi.

Khoirul (37), warga kecamatan Diwek yang datang ke lokasi sebelum pukul 6 pagi mengaku tertarik untuk selalu menyaksikan acara festival unduh-unduh.

“Wah, sudah berapa kali ya datang ke acara ini, yang jelas setiap tahun saya lihat acara ini, asyik, unik acaranya,” ungkap dia.@syafi’i

SONY DSC

 

Festival Unduh Unduh di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang