LENSAINDONESIA.COM: Konfederasi sepakbola Asia (AFC) akhirnya menjatuhkan sanksi denda kepada PSSI total sebesar US$15 ribu, menyusul berbagai pelanggaran yang berulang-ulang dilakukan suporter dalam laga internasional.

PSSI dikenakan denda US$10 ribu setelah fans menyalakan kembang api, dan melempar botol air mineral ke arah lapangan dalam pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno melawan Arab Saudi pada 23 Maret lalu. Sedangkan US$5.000 merupakan tambahan atas aksi serupa dalam empat laga pada tahun lalu.

Selain denda, Indonesia juga mendapat hukuman percobaan. Bila kejadian serupa masih terulang dalam laga internasional selama dua tahun mendatang, maka tim nasional Merah Putih harus bermain tanpa penonton.

AFC juga memberikan denda $5.000 kepada Brunei Darussalam, yang menarik diri dari keikutsertaan di AFC Challenge Cup menjelang hari pelaksanaan dengan alasan ‘situasi tak terhindarkan’. AFC mengingatkan Brunei agar memiliki perencanaan lebih baik di masa mendatang.@Anggie