Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menerima perbaikan berkas dari pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Herman S. Sumawiredja (BerKah), Minggu (16/06/2013).

Isi berkas perbaikan Khofifah-Herman yang diterima oleh Sekretaris Pokja Pencalonan KPU Jatim Jonathan Judianto, terdiri dari beberapa lembar surat, diantaranya daftar perubahan kepengurusan dari DPP Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI) versi Khofifah-Herman.

Surat pertama adalah perbaikan Surat Keputusan DPP PPNUI Nomor KEP-29.90/DPP-PPNUI/I/2013 tentang Pengesahan Susunan Pengurus DPW PPNUI Provinsi Jatim yang ditandtangani pada 14 Juni 2013 oleh Ketua Umum Yusuf Humaidi dan Wasekjen Iman Sumantri yang sebelumnya, diteken Ketum dan Sekjen Andi William Irfan.

Surat kedua adalah surat penegasan dari DPP PPNUI tenteng pencalonan gubernur dan wakil gubernur yang ditujukan untuk Khofifah-Herman, ditandatangani Yusuf Humaidi dan Wasekjen Iman Sumantri pada 14 Juni 2013.

Surat ketiga, berisi SK DPW PPNUI Jatim tentang perbaikan keputusan yang lama. Surat baru tetap ditandatangani oleh Ketua Ma’khsum Zein dan Sekretaris Budi Chidmadi pada 15 Juni 2013.

Terakhir surat keempat, penegasan dukungan dari DPW PPNUI Jatim yang ditandatangani pada 16 Juni oleh Ma’khsum Zein dan Budi Chidmadi kepada pasangan Khofifah-Herman untuk maju dalam Pilgub Jatim 2013 .

“Ini surat perbaikan terakhir yang diserahkan oleh tim Khofifah-Herman. Semuanya kami terima. Ini akan menjadi dokumen administratif KPU Jatim. Kami belum berani menyimpulkan pihak DPP PPNUI dan PK mana yang sah dukungannya dalam Pilgub. Kami masih harus verifikasi dan baru bisa menggelar pleno pada 8-14 Juli 2013. Bisa saja sebelum 14 Juli sudah ada keputusan soal dualisme PPNUI dan PK,” jelas Jonathan pada LICOM, Minggu (16/06/2013).

Ari Kusuma perwakilam tim Khofifah-Herman mengaku tidak bisa mengklarifikasi apapun terkait perubahan kepengurusan DPP PPNUI dan DPP PK. “Maaf untuk soal ini silahkan langsung klarifikasi kepada internal partai. Saya hanya sebagai perwakilan Ibu Khofifah untuk menyerahkan surat ini,” katanya.

Sementara, Surat Keputusan (SK) dari DPP PK sudah diserahkan pihak Khofifah-Herman pada Jumat (14/06/213) lalu. Surat pernyataan penegasan dukungan dari PK untuk Khofifah-Herman ditandatangani oleh Ketua Umum Denny M Chilah dan Wasekjen Widiyal Fitri Zulkarnaen. Untuk pengurus DPW PK Jatim tetap ditulis nama Ahmad Isa Noercahya dan KM Rosadi.

Sekedar diketahui, untuk versi pasangan incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), kepengurusan DPP PPNUI juga berubah, yakni Ketua Umum saat ini dipegang oleh Pjs Ketua Umum Emir El Zuhdi Batubara dan Sekjen Andi Wiliam Irfan. Sedangkan, untuk DPP PK menggunakan tandatangan Ketua Umum Denny M. Chilah dan Sekjen Restianrick Bachsjirun.@sarifa