Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Mendampingi anak-anak usia dini diperlukan metode dan teknik yang bisa membuat mereka senang dan mampu merangsang perkembangan otak anak. Dalam rentang usia 0 – 6 tahun, kecerdasan intelektual, emosional dan sosial anak-anak terbentuk.

Oleh sebab itu, saat mendampingi anak usia dini, para pendamping PAUD diharapkan bisa merangsang agar otak anak berkembang secara optimal.

“Buatlah agar anak anak senang. Ajak mereka bernyanyi dan bermain,” kata DR. Lilis Suryani, pakar pendidikan usia dini dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pernyataan Guru besar UNJ tersebut disampaikan dalam seminar pendidikan anak usia dini (PAUD) di Auditorium Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Sabtu pagi (22/06/2013).

Menurut Lilis Suryani, masa usia 0 – 6 tahun merupakan masa dimana terjadi fase pembentukan otak anak-anak. Pada masa ini diperlukan sikap yang luwes dalam mengajak anak-anak belajar. “Anak anak tidak boleh dipaksa, biarkan mereka berkreasi tanpa paksaan,” tutur Lilis.

Dia menjelaskan, dalam mendampingi anak PAUD, para pendamping tidak perlu bersifat kaku. Anak anak perlu diajak bernyanyi sambil menari, bermain dengan permainan yang mengajarkan kerjasama dan permainan anak anak yang melatih saraf motorik.

Selain fokus pada kegiatan untuk mengajak anak bermain dan bernyanyi, sistem pembelajaran pada anak usia dini juga jangan sampai memaksakan anak untuk belajar baca, tulis dan hitung. “Masa depan anak ada pada usia 0-6 tahun, karena masa itu menjadi masa pembentukan otak,” jelas Lilik.

Sekedar diketahui, seminar pendidikan anak usia dini diselenggarakan oleh DPP Badan Rescue ormas Nasional Demokrat. Kegiatan ini diikuti oleh 1500 peserta dari para guru dan pendamping PAUD di wilayah Jombang, Nganjuk, Madiun dan Mojokerto.

Ketua panitia Seminar, Syaifuddin mengatakan, kegiatan yang mengambil segmen peserta dari para guru PAUD ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas para guru/bunda PAUD dalam mendampingi anak-anak usia dini.

“Kami sengaja mengajak para Bunda PAUD agar kemampuan mereka meningkat dalam mendampingi anak-anak usia dini,” ujar Caleg DPR RI Nomor urut 1 dari Dapil 8 Jawa Timur dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.@moh_syafii