LENSAINDONESIA,COM :Aspers Panglima TNI Marsda TNI Bambang Wahyudi mengatakan kualitas sumber daya manusia sangat menentukan kelangsungan dan kemajuan suatu organisasi,”demikian juga dengan TNI bahwa keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pokok sangat tergantung dari kualitas personel yang mengawakinya.

Selain itu, pada upacara pembukaan Pelatihan terpusat Mahasiswa Beasiswa (Mabea) TNI tahun2013 di Pusdik Ajen Kodiklat TNI AD lembang,Bandung,Senin (24/6/2013,langsung dibacakan oleh Paban I/Ren Spers TNI
Kolonel Inf Herman Waluyo.

Lebih lanjut Aspers Panglima TNI mengatakan bahwa, dalam penerimaan Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI yang bersumber dari Mabea TNI diharapkan memperoleh calon yang berkualitas dari aspek akademis, kesehatan dan kesemaptaan jasmani yang baik.

Namun demikian, fakta dalam penerimaan Pa PK TNI tahun 2011-2012 yang lalu kualitas sebagian calon dari sumber Mabea TNI masih dibawah calon Pa PK yang bersumber dari penerimaan umum. Oleh karena itu, guna meningkatkan kualitas Mabea TNI diperlukan suatu program yang disebut Pelatihan Terpusat Mabea TNI.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan para Mabea TNI di bidang pengetahuan tentang organisasi TNI, kesehatan, kesamaptaan jasmani dan semangat/motivasi guna menghadapi seleksi tingkat pusat calon Pa PK TNI pada saatnya nanti.

Sedangkan sasarannya yaitu untuk menyiapkan para Mabea TNI dalam menghadapi seleksi tingkat pusat penerimaan Pa PK TNI pada saat nantinya agar terpeliharanya kondisi kesehatan yang baik, terwujudnya peningkatan kemampuan jasmani yang baik, terbangunnya kesiapan mental yang kuat dalam menghadapi seleksi, tertanamnya motivasi pengabdian yang tinggi dan terbentuknya pemahaman mental ideologi yang baik.

Pelatihan terpusat Mabea PA PK TNI tahun 2013diikuti oleh Mahasiswa Beasiswa dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia diantaranya Universitas Trisakti Jakarta, UGM Yogyakarta, Unpad Bandung, Undip Semarang dan Unhas Makassar. 32Mabea TNI yang berasal dari berbagai Fakultas dan Jurusan, dibagi menjadi tiga matra yaitu TNI AD 15orang, TNI AL 8orang dan TNI AU 9orang, yang kemudian akan dididik di Pusdik Ajen Kodiklat TNI AD Bandung selama lima hari dari 24 sampai 28 Juni2013.

Materi kegiatan yang akan diberikan meliputi : Pembekalan tentang motivasi dan aplikasi psikologi lapangan oleh Dinas Psikologi TNI AD; Pembekalan tentang pembinaan pengawasan mental ideologioleh Bais TNI; Pembekalan tentang Kematraan dan prospek pembinaan karier Pa PK TNI oleh Spers Angkatan; Pembekalan tentang penyelenggaraan pendidikan dasar prajurit Pa PK TNI oleh Kodiklat TNI; Pengenalan tentang peraturan militer dasar; Pemeriksaan/uji Kesamaptaan Jasmani meliputi kesegaran jasmani ”A”, ”B”, postur tubuh dan ketangkasan renang; serta Pemeriksaan/uji Kesehatan umum dan jiwa.@Authentikasi:
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.