LENSAINDONESIA.COM: PT Liga Indonesia telah mempelajari laporan yang diberikan oleh Pengawas Pertandingan (PP) laga Indonesia Super League 2012/2013, antara Persija vs Persib, yang sedianya digelar pada Sabtu (22/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, namun batal terlaksana.

Sehubungan dengan hal tersebut, LIGA menetapkan untuk melakukan penjadwalan ulang pertandingan Persija vs Persib, menjadi Rabu, 28 Agustus 2013.

“Ya, LIGA memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang, menjadi tanggal 28 Agustus. Adapun, tempat dan waktu pertandingan Persija vs Persib, akan ditentukan kemudian, setelah LIGA berkoordinasi dengan Persija Jakarta,” kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Senin (24/6).

Selain memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang, LIGA juga merekomendasikan agar diadakan Sidang Komdis PSSI atas beberapa indikasi pelanggaran disiplin pada laga tersebut. Rekomendasi itu didasarkan pada Laporan Harian dan khusus yang dikirim Maurice Tuguis, PP laga Persija vs Persib, serta fakta dan pemberitaan media massa tentang perusakan bus Persib Bandung,

“Berdasarkan fakta tersebut, kami menilai adanya indikasi pelanggaran disiplin yang sudah kami laporkan dalam surat rekomendasi ke Komdis PSSI,,” papar Tigorshalom Boboy, Corporate Secretary PT Liga Indonesia.

Seperti telah dikatakan oleh Joko Driyono sebelumnya, PT Liga Indonesia memang baru memutuskan status laga Persija vs Persib, dua hari setelah kejadian. Menurut Joko, banyak hal yang harus diperiksa. Ada yang harus ditinjau dari sisi regulasi dan juga beberapa hal masuk ke ranah Komisi Disiplin.@rilis/anggi