LENSAINDONESIA.COM: Kontingen Surabaya, yang bertanding di cabor bulutangkis, tampil dominan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim IV/2013 Madiun. Dua medali emas nomor beregu berhasil disapu bersih dalam pertandingan yang digelar di GOR Singodimejo Ponorogo, Selasa (25/6/13).

Disektor putri, skuad “Kota Pahlawan” mengandaskan kontingen Kabupaten Sidoarjo dengan skor 2-1. Surabaya sempat tertinggal ketika Faujiah Lahia yang turun di partai pertama menyerah dari wakil Kabupaten Sidoarjo, Marsa Indah Salsabila dengan skor 9-21, 21-17 dan 10-21.

Namun, kekalahan tersebut mampu dibalas Meirisa Cindy Sahputri yang turun di partai kedua. Ia membekuk tunggal kedua Sidoarjo Devi Yunita Indah Sari dengan skor 21-18, 16-21 dan 21-9. Selanjutnya pada partai penentuan yang memainkan ganda putri, Surabaya unggul atas Sidoarjo. Pasangan Hetty nugraheni/Ni Ketut Mahadewi Istarani tanpa kesulitan menaklukkan Marsa Indah Salsabila/Dewi Maysaroh dalam pertandingan dua game, yakni, 21-13 dan 21-7.

Kemudian disektor beregu putra, Surabaya berhak atas medali emas setelah di partai puncak membekuk kontingen Kabupaten Pasuruan dengan skor telak 3-0. I Putu Roy Danu Dharma yang turun sebagai tunggal pertama langsung mencatatkan poin, setelah mengalahkan Nur Hidayatul M dengan skor 21-11 dan 21-12. Kontingen Surabaya menambah keungggulan lewat ganda putra yang turun di partai kedua, yakni, Edi Bagus Kurniawan/Wisnu Hernindya Noviantoro mengalahkan Erwin Rendra P/M Takhjul Arifin B dengan skor 21-12 dan 21-17.

Seakan ingin secepatnya menggapai gelar juara, tunggal kedua Hariawan Suyitno berjuang keras menakukkan wakil Kabupaten Pasuruan, M Mighfaruddin. Hasilnya, Hariawan mampu menyudahi pertandingan dalam dua game dengan skor 21-10 dan 21-6.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, Sigit Sugiharsono mengaku puas dengan penampilan para pemain. “Perjuangan sudah maksimal. Artinya, 2 target medali emas sudah tercapai,” paparnya.

Kini, cabang olahraga (cabor) bulutangkis masih menyisakan 5 medali emas di nomor perorangan. Kontingen Surabaya optimis bisa menambah perolehan medali dari 5 nomor yang dilombakan. “Semoga bisa sapu bersih. Tapi yang paling realistis dari nomor ganda, baik ganda putra dan putri,” ucapnya.

Sementara itu, untuk nomor beregu putra, medali perunggu menjadi milik Kabupaten Malang dan Kabupaten Jember. Sedangka medali perunggu putri diraih Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. @angga_perkasa