LENSAINDONESIA.COM: Di Jakarta Fair Kemayoran 2013, anda tidak hanya akan menemukan berbagai makanan khas Betawi. Beragam sajian kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan cita rasa dari luar negeri pun ada.

Berbagai makanan khas yang disajikan di Jakarta Fair ini antara lain martabak India, roti cane, rawon setan, pecel Malang, nasi gudeg, tiwul, dan lain-lain. Jakarta Fair sendiri dibuka selama 32 hari sejak 6 Juni silam hingga 7 Juli 2013 mendatang.

Menu Martabak India bisa Anda temukan di sebuah stand yang berdiri di open space Arena PRJ Kemayoran. Sekilas tidak jauh berbeda dengan martabak secara umum, namun potongan martabaknya dinikmati dengan campuran kari. Disinilah letak perbedaannya.

Di stand ini kita juga bisa mendapati roti cane yang juga merupakan makanan khas India. Biasanya roti cane disantap dengan dicocolkan ke kuah kari kambing. Dengan rasa pedas akan menjadi rasa yang istimewa karena roti cane yang gurih.
Di Jakarta Fair, roti ini dibandrol dengan harga Rp 20 ribu.

Jika anda pencinta kuliner nusantara, makanan khas Jawa Timur, pecel malang, bisa ditemukan di Hall-B Arena PRJ Kemayoran. Ini salah satu warisan kuliner Indonesia, khususnya seni kuliner Jawa yang berbahan dasar sayur-sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang.

Pecel Malang menggunakan saus khas Jawa Timur memiliki cita rasa kuat dan pedas dengan tekstur bumbu kacang yang kasar. Cukup dengan Rp 10 ribu saja Anda dapat menyantap pecel Malang dan lontong.

Makanan dari Jawa Timur lainnya, nasi rawon, juga ada di Jakarta Fair, tepatnya di kawasan Panggung Gambir, Arena PRJ Kemayoran. Rawon adalah sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, namun sudah dikenal seantero nusantara. Di Jakarta Fair, ini rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Sementara itu makanan khas Yogya, nasi gudeg, dapat ditemukan di dua tempat, yaitu di Hall-B dan di Gambir Expo sebelah Bank BCA. Di Hall-B Anda cukup merogoh kocek Rp 30 ribu untuk mendapatkan paket sayur gudeg dalam satu kaleng.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg bisa dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan, kentang, ayam, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Ada berbagai macam gudeng, ada gudeg kering, gudeg basah dan gudeg solo.

Di Hall-B juga ada stand yang menjual tiwul. Ini makanan berbahan singkong sehingga kandungan kalorinya rendah. Jika
ingin merasakan Tiwul, pengunjung bisa mengunjungi stand Provinsi Jawa Timur yang berada di Hall B. Namun, rupanya tiwul di sini disajikan dalam bentuk bahan mentahnya saja, yang dijual Rp 20 ribu per 300 gram. @Rudi