Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hukum

Diduga mengangkut lobster ilegal, seorang nahkoda ditangkap polisi 

LENSAINDONESIA.COM: Pasrah, itulah yang bisa dilakukan oleh Sarifudin (26), nahkoda Kapal Sumber Sekawan 05, saat Tim Khusus Polres Kepulaun Selayar Sulawesi Selatan  menangkapnya. Bersama anak buahnya, Sarufudin mengangkut ratuan lobster  yang penagkapannya diduga ilegal.

Sarifuddin  bersama lima orang Anak Buah kapal (ABK) yang tertangkap aparat Timsus Polres Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, di Perairan Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu saat sedang mengangkut ratusan ekor udang lobster yang diduga kuat ditangkap dengan menggunakan alat bantu compressor.

Dalam operasinya, para pelaku diduga kuat kerap menyelam malam hari dengan menggunakan bantuan penerangan lampu senter. Hal tersebut diperkuat dengan hasil penggeledahan di atas kapal, ditemukan sebuah senter warna biru, lengkap dengan bateray besar.

Selain kapal, turut pula diamankan ratusan ekor lobster, senter dan bateray. Petugas juga menemukan ikan yang tengah dikeringkan di atas kapal. Ikan ini pemberian kapal nelayan lain untuk konsumsi ABK selama perjalanan.

Sebelumnya, para pelaku sempat mengelak di hadapan penyidik Polres Kepulauan Selayar, bahwa mereka menangkap lobster di perairan Kotamadya Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Para pelaku berkilah, mereka masuk ke Perairan Bonerate dengan tujuan untuk membeli oli cadangan yang sudah mulai menipis di atas kapal. Disamping itu, kapal sedang trouble dan membutuhkan perbaikan.

Sedianya, kapal Sumber Sekawan 05 akan kembali bertolak menuju Kabupaten Bulukumba, pada hari Selasa (25/6/2013) enam hari lalu, setelah membeli persiapan oli dan memperbaiki mesin.

Namun sayang, karena keempat pelaku keburu tertangkap tim khusus Polres Kepulauan Selayar yang tengah melakukan patroli. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku kini ditahan Polres Kepulauan Selayar.

Dari pengembangan penyidikan yang dilakukan terhadap para pelaku, nama dan identitas pengusaha penampung udang lobster yang kerap membeli hasi tangkapan mereka pun kini telah dikantongi petugas.@fadly_syarif