LENSAINDONESIA.COM: Juara Liga Spanyol, Barcelona, dan Juara Piala Eropa 2013 asal Inggris, Chelsea, dalam waktu dekat ini, akan mengadakan lawatan ke Malaysia, dalam rangka tour Asianya. Selain Malaysia, Barca juga akan mengunjungi Thailand. Sedangkan Chelsea akan meneruskan kunjungannya ke Indonesia.

Di Malaysia, Chelsea dan Barca akan menghadapi Tim Malaysia XI, pada 21 Juli dan 10 Agustus 2013 mendatang. Sayangnya dalam tur Asianya tersebut, Indonesia tidak masuk dalam daftar negara yang akan dikunjungi Lionel Messi dan kawan-kawan.

Namun, menurut Direktur Tourism Malaysia, Nor Aznan Sulaiman, bagi para penggemar tim Barca di Indonesia tidak perlu berkecil hati. Tourism Malaysia memberikan kesempatan untuk dapat menyaksikan Barcelona menghadapi tim Malaysia XI di National Stadium Bukit Jalil, termasuk paket untuk berwisata ke negeri jiran tersebut.

“Kami menyelenggarakan pariwisata di mana saja. Kalau ditanya itu di bawah langit apa saja bisa jadi pariwisata. Sepakbola kita lihat hanya sebagai salah satu olahraga, mengapa kita tidak jadikan sebagai bagian dari program pariwisata,” ujar Nor Aznan, di Kemang, Jakarta.

Nor Aznan menegaskan, meskipun tanggal 10 Agustus bertepatan dengan H+3, setelah Hari Raya Idul Fitri, namun ia yakin penonton akan tetap banyak untuk datang menonton. Menurut dia, kehadiran Barcelona dengan sederet pemain bintangnya seperti Lionel Messi, Xavi Hernandes, Iniesta, Pique dan pemain lainnya, sayang kalau sampai harus dilewatkan.

“Ini kesempatan besar untuk dapat menyaksikan tim besar yang diisi pemain-pemain hebat.. Mereka belum tentu datang lagi. Para penggila bola sanggup untuk melakukan apa saja demi melihat idolanya. Para fans sepakbola pastinya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini,” jelas Nor Aznan.@Noviar