LENSAINDONESIA.COM: Banyak cara yang dilakukan para pemborong BBM agar dapat membeli BBM sebanyak-banyaknya. Salah satunya yang dilakukan BS dan MT yang diamankan petugas Polda Jatim, karena memodifikasi tangki bahan bakar truknya.

Awalnya polisi curiga dengan truk yang melintas di Jl Raya Bangil, Pasuruan. Saat diperiksa ternyata dalam bak truk itu ada tangki berkapasitas 5000 liter yang ditutupi anyaman bambu. “Kendaraan ini ditangkap di Jl Raya Bangil Pasuruan. Mereka memodifikasi truk itu dan menutupi dengan anyaman bambu setelah membeli BBM jenis solar dari SPBU,” papar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Awi Setiyono.

Setelah polisi melakukan pengecekan, ternyata saat mengisi BBM di SPBU, solar yang masuk ke tangki bahan bakar ternyata juga tersambung ke tangki yang ada di bak. Saat itu ada sekitar 60 liter yang masih tersisa.

Menurut Awi, kedua tersangka sudah diamankan. Namun pihaknya kesulitan menjerat tersangka karena tidak ada pihak maupun negara yang dirugikan dalam hal ini. Yang aneh, polisi sudah menetapkan keduanya sebagai tersangka tapi tidak dapat menjerat dengan pasal pidana yang berlaku. “Kami masih menunggu keterangan tim ahli, karena disini negara tidak dirugikan,” ucap Awi. @M_Rofik