Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Cepat rusak, pembenahan ruas Jalur Pantura dinilai tak serius 

LENSAINDONESIA.COM: Menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1434 H, pemerintah mulai membenahi berbagai infrastruktur. Diantaranya, melakukan perbaikan jalan di jalur pantura. Namun hingga saat ini, jalur pantura di wilayah Indramayu hingga Subang masih banyak yang berlubang menganga. Akibatnya, sepanjang ruas itu menjadi rawan kecelakaan bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Kubangan tersebut, sangat parah bila dilalui pengendara sepeda motor, sehingga harus ektra hati-hati. dari pantauan LICOM dalam perjalanan menuju jakarta, banyaknya lubang di ruas jalan antara Indramayu hingga subang itu cukup mengganggu. Akibatnya, terjadi antrian kendaraan cukup panjang dan menimbulkan kemacetan.

Seorang pengendara mobil, Abdurachman (44) warga Desa Megu gede Kecamatan Weru, Cirebon berharap pemerintah menyelesaikan perbaikan jalan itu sebelum H-10 lebaran. Pasalnya, jika melintas di jalur dengan kondisi rusak parah seperti itu tentu bisa membahayakan pengguna jalan. Terlebih di saat arus mudik lebaran, dimana volume kendaraan melintas bakal jauh lebih besar.

“Biasanya, kami dalam perjalanan ke Jakarta butuh 4 atau 5 jam, namun sekarang membutuhkan waktu hingga 10 jam, apa lagi nanti para pemudik yang akan melintas jalur pantura menuju jawa,” tuturnya.

Sementara itu seorang pengendara lainnya, Didi Sanudi (34), menyesalkan pemerintah pusat, provinsi Jawa Barat dan Kabupaten setempat. Menurutnya setiap tahun perbaikan terus dilakukan, namun, entah kenapa jalur pantura cepat rusak.

“Kalau bisa perbaikan jalan jangan asal jadi, kasihan para pengendara,” tandasnya.

Ia menyarankan untuk melihat negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Negara-negara itu infrastrukturnya sangat memuaskan.

“Kenapa Indonesia tidak mencontoh negara itu, coba kita bayangkan berapa milyar anggaran perbaikan jalur pantura, namun, kualitasnya belum satu tahun sudah rusak parah, dikemanakan anggaran tersebut?” pungkasnya setengah bertanya.@MochMansur

Baca Juga:  Polrestabes Surabaya tangkap 9 anggota geng pelaku penyekapan dan penganiayaan