Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JAKARTA

Sudin Peternakan gelar razia Ayam berformalin di Kebayoran Lama 

LENSAINDONESIA.COM: Upaya memberikan keamanan terhadap masyarakat yang mengkonsumsi daging ayam atau ikan, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Kebayoran Lama, Kamis 11 Juli 2013.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan Nur Hasan mengatakan, sidak tersebut dilakukan agar Pasar Kebayoran Lama bebas dari daging ayam yang mengandung bahan pengawet formalin. Menurutnya, sebanyak 41 sampel yang terdiri dari 32 sampel daging ayam, dua usus dan tujuh daging ikan dilakukan tes formalin.

“Seluruhnya terbukti negatif menggunakan formalin,” ujar Nur Hasan kepada wartawan, Kamis (11/7/13).

Menurut Nurhasan, terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu, ada sejumlah pedagang yang tertangkap menggunakan formalin, untuk kami akan melakukan razia kembali jika sudah mendekati Idul Fitri, pasalnya permintaan akan daging tinggi, kemungkinan kecurangan bisa saja terjadi.

“Untuk kami akan Razia tidak hanya dilakukan di Pasar Kebayoran Lama, tetapi kami akan melakukan juga di Pasar Minggu, Cipete, Lenteng Agung juga Pondok Labu,” pungkasnya.

Jika ada yang terbukti melanggar, maka pihaknya akan memberikan sanksi berat, bahkan mungkin tidak akan mengijinkan untuk berjualan kembali.

Untuk diketahui, Razia yang digelar pada pukul 02.00 dini hari hingga pukul 04.00 subuh mengambil sampel untuk diperiksa. Sebanyak 41 sampel yang terdiri dari daging ayam, usus dan ikan. Semua sampel dites formalin di lokasi razia dengan menggunakan mobil laboratorium, hasilnya negatif formalin.@hermawan