LENSAINDONESIA.COM: Dinas PU Bina Marga Jawa Timur terus berupaya mempersiapkan jalur mudik. Targetnya pada H-10 Lebaran mendatang jalan provinsi di Jatim sudah dalam kondisi baik dan layak pakai.

“Pengerjaan perbaikan jalan kini terus dilakukan. H-10 Lebaran mendatang secara fungsional 100 persen kondisi jalan layak pakai,” kata Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas PU Bina Marga Jatim, I Made Sukartha pada LICOM, Jumat (12/7/2013).

Saat H-10 hingga H+10 Lebaran, segala jenis perbaikan dan perawatan jalan akan dihentikan, sehingga tidak sampai mengganggu lalu lintas arus mudik dan balik. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan dan menyiagakan petugasnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Kami akan tetap standby saat arus mudik dan balik Lebaran. Kami akan mendirikan 12 posko perbaikan jalan di 12 UPT Bina Marga Jatim,” jelasnya.

Dalam posko itu, pihaknya melengkapinya dengan personil yang siap berjaga selama 24 jam non stop. Selain itu, disediakan pula berbagai alat komunikasi, serta peralatan untuk penanganan darurat di lapangan seperti dump truck, crane, loader, chrain shaw, pemadat, Buldozer, hingga eskavator.

“Peralatan untuk penanganan darurat berupa alat berat dan kendaraan besar kini telah standby dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika terjadi keadaan darurat, misalnya longsor atau ada kerusakan jalan,” tandasnya. @sarifa