Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Buku

Dari online ke buku 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS) meluncurkan buku yang menyoroti persoalan transformasi sosial-ekonomi pedesaan di Indonesia. Uniknya, buku tersebut merupakan hasil diskusi online yang dilakukan IHCS.

Dalam surat elektroniknya kepada LICOM, Senin (15/07/2013), IHCS mengaku menginisiasi sebuah program diskusi online pada website IHCS dengan nama ruraltalks.ihcs.or.id. Dalam rangka berikhtiar memahami transformasi sosial-ekonomi pedesaan. Diskusi tersebut menghadirkan 11 tulisan dari para panelis yang mengangkat berbagai tema terkait pedesaan. Tulisan para panelis lalu mendapatkan berbagai komentar dari para pembaca.

IHCS juga menyelenggarakan focus group discussion untuk membahas lebih dalam apa yang telah diskusikasi secara online. FGD tersebut dihadiri oleh para panelis, beberapa komentator, delegasi ormas petani dan nelayan, staf ahli DPR, perwakilan Badan Ketahanan Pangan Kementan, Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan jurnalis.

Hasilnya kemudian dari rangkaian diskusi tersebut, disusunlah sebuah buku. Meski telah menjadi sebuah buku, bukan berarti diskusi telah usai, masih dibutuhkan berbagai ulasan dari mereka yang berkompeten, juga menjadi tugas baru bagaimana buku tersebut berpartisipasi dalam advokasi kebijakan publik terkait permasalah desa dan berkontribusi dalam menyumbang pengetahuan atas romantika, dinamika dan dialektika bersama.

Peluncuran buku dan diskusi akan diselenggarakan pada Kamis (18/07/2013) pukul 15.00 WIB–18.00 WIB di Hotel Kaisar Duren Tiga Jakarta Selatan. Peluncuran akan menghadirkan tiga narasumber. Yakni, Budiman Sujatmiko (Wakil Ketua Pansus RUU Desa),
Endriatmo Sutarto (Guru Besar IPB), serta Gunawan (Ketua Eksekutif IHCS).@aziz

Baca Juga:  Surabaya Fashion Week 2019 optimis transaksi naik hingga 80 persen