Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Art & Culture

J.K. Rowling punya kembaran 

LENSAINDONESIA.COM: Siapa sangka, ternyata penulis serial Harry Potter, J.K. Rowling ternyata memiliki kembaran. Dialah Robert Galbraith. Robert Galbraith merupakan penulis sebuah novel kriminal yang bertajuk The Cuckoo Calling.

Menurut Sunday Times of London, Rowling sebetulnya berharap bisa lebih lama menyimpan nama tersebut sebagai rahasia. Soalnya, nama tersebut merupakan nama samaran (pseudonym). Dan menurut Rowling, menjadi seorang Robert Galbraith adalah sesuatu pengalaman yang membebaskan.

“Menyenangkan bisa menerbitkan buku tanpa ekspektasi atau kehebohan. Ini benar benae sesuatu yamg menyenangkan untuk mendapatkan masukan sebagai penulis dengan nama yang berbeda,” kata penulis terkaya di Inggris ini.

Novel tersebut diterbitkan pada April 2013 oleh penerbit Sphere di Inggris. Sphere sebenarnya adalah penerbit yang sama yang menerbitkan novel fiksi Rowling pasca ia menyelesaikan Harry Potter, yaitu The Casual Vacancy. The Cuckoo Calling sendiri bercerita mengenai seorang detektif pribadi bernama Cormoran Strike yang memiliki satu kaki dan bekerja di London. Sang detektif disewa untuk menginvestasi kematian seorang supermodel bernama Lula Landry.

Dalam situs belanja online Amazon.com dituliskan deskripsi mengenai The Cuckoo Calling demikian “ Mungkin Anda merasa tahu apa itu kemakmuran dan popularitas, namun Anda belum pernah melihat mereka berada dalam investigasi seperti ini”. Penulis cerita detektif Peter James mengatakan kepada Sunday Times bahwa setelah membacanya, ia menilai penulisnya sangat matang dan bukan amatir.

Situs penggemar Harry Potter, Leaky Cauldron, menyebutkan buku tersebut sebelumnya telah terjual sebanyak 1.500 kopi. Edisi kedua dari buku Galbraith rencananya akan diterbitkan tahun depan. Meski nama Galbraith masih belum tenar, buku tersebut meraih ulasan yang positif dari para kritikus. Seperti misalnya di Publishers Weekly yang menyebutkan “Sebuah pencapaian yang jarang dimana penulis samaran Galbraith mampu mengkombinasikan karakter detektif yang menarik dan kompleks dengan asisten yang sebanding, dalam kisah kejahatan yang rumit, dalam buku debutannya”.

Baca Juga:  Surabaya Fashion Week 2019 optimis transaksi naik hingga 80 persen

Kini setelah ketahuan bahwa J.K Rowling adalah penulisnya, buku The Cuckoo Calling langsung mendapatkan kenaikan jumlah pembeli yang signifikan hingga 5.000 kopi lebih, bahkan menduduki peringkat best seller di Amazon UK. Sebetulnya pada  2007, J.K Rowling pernah diberitakan sedang mengerjakan sebuah cerita detektif. Namun pemberitaan itu kemudian menghilang.@aziz