LENSAINDONESIA.COM: Drs. H. Abubakar, M.Si dan Drs. Yayat Soemitra resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat periode 2013–2018. Pelantikan digelar di Ballroom Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (17/07/2013) sore. Pelantikan dipimpin Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sebelum pasangan Abubakar–Yayat disumpah oleh Gubernur, terlebih dahulu Sekretaris DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) membacakan Keputusan Mendagri terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat. Rapat Paripurna Istimewa DPRD KBB dipimpin langsung oleh Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna dan dihadiri seluruh anggota DPRD KBB. Tampak hadir seluruh SKPD se-KBB, Unsur Pimpinan Daerah KBB, beberapa anggota DPRD Jawa Barat dan anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jabar II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat).

Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menyatakan rasa bangga terhadap prestasi yang diraih KBB. KBB merupakan penyangga utama ibukota provinsi Jawa Barat telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan. “Laju pertumbuhan ekonomi dari 5,08% tahun 2008, menjadi 6,04% pada tahun 2012; Indeks Prestasi Manusia juga meningkat dari 72,65 tahun 2008 menjadi 74,12 tahun 2012,“ papar Ahmad Heryawan.

Heryawan mengucapkan selamat bekerja bagi Abubakar dan Yayat sebagai Bupati dan Wakil Bupati. “Pemerintah Kabupaten Bandung Barat perlu terus fokus membangun dan mengoptimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan sejumlah unggulan baik di wilayah Utara, Tengah, dan Selatan,“ kata Heryawan.

Di sisi lain, Gubernur juga meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat meningkatkan kinerja pembangunan dan memperbaiki laporan keuangannya sehingga mampu mengikuti jejak Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.@Desmanjon