LENSAINDONESIA.COM: Nur Holis (23) warga Jl Embong Baru Kalimas, diciduk Satuan Reskrim Polsek Bubutan, saat sedang nongkrong di terminal Jembatan Merah Plasa (JMP) Surabaya.

Informasinya, kernet angkutan kota (Angkot) SG jurusan Surabaya-Gresik, ini mencari tambahan penghasilan dengan mencopet. Sehari-hari Nur Holis mencari mangsa di sekitar halte bus Jl Comberan. Sasarannya, penumpang yang sedang menunggu kendaraan umum.

Nah, saat itu Siti Munaroh (38) warga Bojonegoro, tasnya terjatuh di kawasan ini usai belanja pakaian. Nur Holis yang memang berwatak maling langsung menyambar tas dan membawanya lari. Korban yang meneriakinya copet akhirnya hanya bisa lemas setelah barangnya dibawa kabur pelaku. Selanjutnya, ibu dua anak ini mendatangi Polsek Bubutan untuk membuat laporan.

Polisi yang melakukan penyelidikan akhirnya bisa menangkap pelaku yang asyik nongkrong usai melakukan aksinya. “Saya baru tiga kali nyopet. Pertama dapat 20 ribu, kedua 250 ribu. Nah yang ketiga tas ibu itu,” ujar Nur Holis tanpa beban.

Kapolsek Bubutan Kompol Surya Hapsoro membenarkan hal ini. Menurutnya, tersangka langsung dibekuk anggotanya setelah mendapatkan gamabaran ciri-ciri pelaku. “Tersangka ini merupakan spesialis copet yang selama ini meresahkan penumpang Angkot di kawasan JMP,” paparnya. @rofik