LENSAINDONESIA.COM: Jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang berhak mencoblos dalam Pilgub Jatim pada 29 Agustus 2013 nanti sebanyak 30.019.300 orang terdiri 14.805.723 laki-laki dan 15.213.577 perempuan.

Jumlah itu ternyata membengkak dibanding DPS maupun DP4. Pasalnya, jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang tercatat sebanyak 29.794.548 orang. Sementara jumlah DP4 sebanyak 29.503.266 orang.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Jatim, Agus Mahfudz Fauzi menyebut ada tiga faktor yang menyebabkan jumlah DPT bertambah. Pertama, pada saat pendataan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), ada warga yang usianya 17 tahun belum terdaftar, kemudian terdeteksi saat proses pencatatan DPS.

Kedua, ada warga yang berhak memilih tapi belum dimasukkan sebagai pemilih. Ketiga, warga yang diluar Jatim, berubah identitasnya menjadi penduduk Jawa Timur. “Dengan kondisi itu, jumlah pemilih dipastikan akan. Hampir di semua kabupaten terjadi penambahan DPT,” tutur Agus.

Menurutnya, bagi warga yang berhak memilih namun belum masuk daftar, masih bisa mengajukan diri masuk DPT karena ada revisi perubahan DPT antara pertengahan Agustus sampai H-7. Namun sesuai aturan, hal itu dapat dilakukan satu kali saja,” katanya.

Bila ada warga yang saat pencoblosan pada 29 Agustus 2013, ternyata masih belum terdaftar, bisa mendatangi TPS di dekat tempat tinggalnya, untuk menggunakan hak politiknya. “Sesuai aturan diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP. Tapi harus di TPS di dekat rumahnya, nggak boleh jauh atau di luar wilayah TPSnya,” jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam Pilgub Jatim yang diikuti tiga kontestan pasangan ini pihak KPU Jatim menyediakan 71.033 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kabupaten dan kota se Jawa Timur. @iwan_cristiono