LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi V DPR, Saleh Husin mengapresiasi upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin mengungkap dugaan korupsi perbaikan jalur Pantura. Dia mendorong agar KPK segera bertindak jika benar ada penyalahgunaan dana dalam proyek Kementerian Pekerjaan Umum (PU) itu.

“Saya kira bagus jika KPK melakukan investigasi proyek Pantura. Jika memang diidentifikasi ada penyalahgunaan keuangan negara maka harus ditindak dan diumumkan agar publik dapat mengetahuinya,” kata Saleh kepada LICOM, Senin (22/07/2013).

Politisi asal Partai Hanura ini berpendapat, tidak hanya KPK yang harus bertindak dalam dugaan korupsi perbaikan Pantura itu. Sudah semestinya, lanjut dia, BPK juga melakukan audit terkait proyek tahunan yang tidak pernah selesai itu.

“Saya kira BPK juga perlu terlibat melakukan audit. Walaupun kita ketahui bahwa semua jalan harus ada pemeliharaannya agar tetap terawat,” terang Saleh.

Saat ini KPK mulai menduga adanya praktek korupsi di dalam proyek perbaikan jalan sepanjang jalur Pantura. KPK tengah melakukan analisis temuan itu, kemudian akan ditingkatkan statusnya menjadi penyelidikan dan penyidikan.@firdausi