LENSAINDONESIA.COM: Jelang Idul Fitri, Garuda Indonesia melakukan edukasi kepada customer untuk melakukan pembelian tiket jauh hari sebelum keberangkatan sehingga dapat memperoleh seat sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui indirect chanel, yaitu melalui travel agent, maupun direct chanel melalui kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia di Surabaya (Hotel Bumi Surabaya, Jl Tunjungan, Bandara Juanda, City of Tomorrow, dan Ciputra World).

Saat ini Garuda Indonesia menyediakan rute penerbangan dari Surabaya ke Jakarta (16x), Denpasar (5x), Makassar (2x), Balikpapan (2x), Banjarmasin (1x), Bandung (1x), Semarang (1x), Lombok (1x), Kupang (1x) dan Singapore (1x).

Ari Suryanta, General Manager Garuda Indonesia BO Surabaya, mengatakan penjualan maupun pemesanan tiket sekitar Lebaran 2013 meningkat hingga 60 persen dibandingkan 2012. “Khususnya untuk rute-rute seperti Balikpapan, Denpasar maupun Banjarmasin, booking position rata-rata sudah mencapai 90 persen,” ujarnya saat dikonfirmasi oleh LICOM, Senin (22/7/2013).

Menurutnya, Garuda Indonesia juga berencana akan menggunakan armada dengan kapasitas yang lebih besar untuk rute-rute yang banyak diminati masyarakat seperti Denpasar, Balikpapan, dan Banjarmasin. “Saat ini hal itu masih dalam kajian dewan redaksi,” jelasnya.

Ari juga memaparkan, khususnya bagi para penumpang, Garuda Indonesia memberikan kemudahan untuk layanan City Check-In 24 jam sebelum keberangkatan dan untuk kenyamanan. Pihaknya, menyarakan agar datang lebih awal. Akan tetapi, jika terjadi keterlambatan atau ingin merubah perjalanan, di Garuda Indonesia tidak ada istilah tiket hangus seperti di maskapai lain.

“Kami memungkinkan adanya perubahan perjalanan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk ruang tunggu, kami memberikan layanan Executive Lounge bagi penumpang kelas Executive/Business Class dan juga penumpang GFF Platinum dimana di lounge tersedia aneka makanan/minuman dan juga bacaan, internet, mushola dsb,” pungkasnya.@dony