LENSAINDONESIA.COM: Tergerus arus teknologi IT semakin maju seperti MMS, SMS dan e-mail, masyarakat dengan sangat mudah dan cepat mengirim dan memberikan informasi, membuat minat masyarakat mengirimkan surat maupun surat ucapan lebaran melalui PT Pos Indonesia mengalami penurunan.

“Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia betapa sakralnya Iedul Fitri, memang betul, saat ini masyarakat sudah mulai padat teknologi, apa namanya surat pribadi, surat dan kartu lebaran itu, jauh–jauh berkurang,” ujar Kepala Kantor Pos Semarang, Tedi Permana di kantornya, Selasa (23/7).

Pengiriman melalui kartu lebaran jauh lebih elegan dibandingkan melalui sms, mms atau e-mail, karena kartu lebaran memiliki bentuk serta corak yang baik dan dapat dibubuhi dengan prangko prisma dengan ditambahi foto pengirim. “Sebenarya dengan mengirim melalui surat ada sesuatu yang lain, akan mengingatkan pada suatu peristiwa tertentu, contoh peristiwa lebaran, dengan mengirim kartu ucapan lebaran, kartu ini berbentuk fisikli dengan corak kartu yang indah,” kata dia.

Tedi menambahkan, perangko prisma ini diciptakan oleh PT Pos Indonesia. Setiap warga Indonesia boleh masuk ke dalam prangko prisma. Pihaknya mempersiapkan perangko prisma yang dapat dibeli di kantor pos. “Prangko ini berbeda dengan perangko ditinitif lainya, seperti perangko presiden, perangko olahraga dan segala macam itu departemen yang keluarkan,” kata dia.@yuwana