LENSAINDONESIA.COM: Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendukung penuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut proyek perbaikan jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Wakil Seketaris Jendral (Wasekjen) Partai Hanura, Kristiawanto mengatakan, sejak dirinya kecil hingga kini perbaikan jalur Pantura selalu terjadi di musim Lebaran.

“Hampir setiap tahun sejak saya kecil, tiap Lebaran itu rame-rame perbaikan jalan khusunya di Pantura. Hal-hal seperti ini tentunya harus ada evaluasi,” ujar Kristiawanto kepada LICOM di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (25/07/2013).

Langkah KPK yang menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dinilai Kristiawanto sangat tepat.

“Kalau KPK melakukan investigasi lalu dipublish seperti ini nanti masyrakat tahu. Jadi kita bisa awasi bersama-bersama. Jangan sampai pembangunan infrastruktur ini dijadikan proyek langgan,” tandasnya.

Proyek perbaikan yang menjadi tradisi apalagi di musim mudik Lebaran dinilai sangat menyedihkan. Selain menggangu kenyamanan pengendara, tradisi itu juga pemborosan APBN.

“Sebenarnya pembangunan infrastuktur itu kan bisa direncanakan, bisa diukur. Jalur Pantura dibangun tahun berapa, bisa rusak lagi berapa tahun, daya tahannya berapa tahun, harus ada uji kelayakan seperti itu. Jangan sampai dibangun lalu ditambal-tambal, rusak lagi. Sampai kapan? Itu kan pemborosan APBN. Saya setuju sekali KPK melakukan investigasi,” ungkapnya.@endang