Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Muhammadiyah pastikan Idul Fitri 1434 H jatuh pada 8 Agustus 2013 

LENSAINDONESIA.COM: Din Syamsuddin, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin, menyatakan warga Muhammadiyah akan merayakan hari raya Idul Fitri 1434 H, pada 8 Agustus 2013. Hal itu diungkapkannya berdasarkan ketetapan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah.

“Muhammadiyah melalui keputusan Majelis Tarjih sudah menetapkan Idul Fitri 1434 H jatuh pada 8 Agustus mendatang,” kata Din di Gedung PP Muhammadiyah, kemarin.

Menurutnya, penetapan 8 Agustus 2013 sebagai hari raya Idul Fitri karena pada 7 Agustus 2013 sudah terjadi konjungsi matahari, bumi dan bulan pada satu garis lurus. “Apabila dengan ketinggian cukup diatas 3 derajat, sudah bisa diperhitungkan secara ilmiah, maka kami berkeyakinan 7 Agustus hilal Syawal sudah ada. Itu berarti 1 Syawal terjadi pada 8 Agustus,” jelasnya.

Disinggung mengenai kemungkinan terjadinya perbedaan pendapat penetapan hari raya Idul Fitri dengan pemerintah atau kelompok lainnya, Din meminta hal itu wajib ada toleransi.

Penyebabnya, bila pemerintah harus melihat hilal dan jika hilal belum terlihat pada 7 Agustus 2013, tentunya akan menggenapkan puasa sehari lagi menjadi 30 hari, yang secara otomatis penetapan 1 Syawal baru akan terjadi pada 9 Agustus. “Insya Allah dengan menjaga toleransi dalam perbedaan, Ukhuwah tetap terjaga baik,” pungkas Din. @yh/LI-14

Baca Juga:  Nilai ekspor JAPFA capai Rp 500 miliar lebih di 2019, Mentan: Indonesia pesaing dunia