LENSAINDONESIA.COM: Partai Golkar mengimbau pemerintah untuk segera memperbaiki dan memantapkan jalur pantai utara (pantura) yang terus mengalami perbaikan. Terutama menjelang hari raya Iedul Fitri, mengingat jalur sangat vital karena lebih banyak dilalui oleh warga yang berniat untuk melalukan silaturahmi ke daerah asalnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M. Said mengatakan, jalur pantura juga sangat vital untuk menggerakan roda perekonomian nasional. Karena fungsinya sebagai sarana distribusi berbagai produk dari dan ke berbagai daerah di wilayah Pulau Jawa.

“Partai Golkar minta kepada pemerintah untuk segera memperbaiki kondisi jalur pantura. Jangan lagi terdengar keluhan dari masyarakat tentang perbaikan jalur ini setiap menjelang lebaran atau Natal. Kesannya jalur ini dijadikan untuk ‘proyek’ menambah income bagi institusi atau oknum tertentu,”  ujar  Muhidin di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (01/08/2013).

Menurut dia, proyek infrastruktur jalan di Indonesia masih dominan, karena 90% angkutan barang masih menggunakan moda jalan. “Begitu pula dengan angkutanpenumpang yang masih 95% menggunakan jalan,” ungkapnya.

Pembangunan jalan di Pulau Jawa, lanjutnya, sangat dibutuhkan untuk melancarkan peningkatan distribusi dan jasa, khusus untuk jalur pantura dalam sehari dapat dilewati oleh 44.000 kendaraan besar yang bebannya melampaui batas kemampuan jalan. “Jadi sangat wajar kalau sering terjadi kerusakan,” tandasnya.@endang