LENSAINDONESIA.COM:Anggota Komisi III DPR dari fraksi Golkar,Bambang Soesatyo berharap, Wakil Kepala Polisi RI baru, Komjen Pol Oegroseno dapat memberi angin segar bagi institusi keamanan tersebut.

“Sebaliknya, Polri yang lamban dan kompromistis, akan menurunkan derajat wibawa Indonesia negara hukum,” ujar Bambang saat di hubungi,LICOM,di Jakarta, Jum’at (02/08/2013).

Menurut Potisi Golkar ini, saat dunia Internasional masih memandang
Indonesia sebagai negeri yang belum berkepastian hukum, Polri harus ikut bertanggungjawab.

“Untuk mengubah anggapan buruk itu menjadi perspesi yang positif,” tandasnya

Selain itu, Presidium Majelis Korps Alumni HMI ini melihat, tantangan Polri ke depan cukup berat.

“Tantangan ke dalam bagi Polri adalah memulihkan soliditas seluruh jajaran, dari atas hingga ke bawah. Sudah terungkap sejumlah kasus yang menggambarkan terganggunya soliditas Polri,” jelasnya.

“Sedangkan tantangan keluar ditandai dengan dua gejala. Pertama, prajurit berikut fasilitas Polri di sejumlah daerah menjadi target serangan kelompok-kelompok tertentu. Kedua, ketertiban umum rusak parah. Sangat jelas bahwa amburadulnya ketertiban umum menggambarkan rendahnya apresiasi masyarakat terhadap Polri sebagai penegak hukum,” ungkapnya

“Karena Pimpinan Polri yang kuat, responsif dan tegas, akan merefleksikan wibawa Indonesia sebagai negara hukum yang protektif terhadap rakyat dan kepentingan negara,” paparnya@endang