LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi III DPR, Khotibul Umam Wiranu mengatakan, Wakil Kepala Polisi RI (Wakapolri) baru, Komjen Pol Oegroseno harus dapat menindak tegas oknum-oknum kepolisian yang berperilaku menyimpang.

“Waka (Wakapolri-red) ini kan biasanya mengurusi internal kepolisian. Maka yang terutama adalah bagaimana beliau menghapus citra bahwa banyak oknum kepolisian yang terlibat kasus-kasus korupsi,” ungkapnya.

Menurut politisi Partai Demokrat ini, melihat Oegroseno adalah figur yang tepat untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Komjen Pol Nanan Soekarna karena pensiun.

“Dari sisi pengalaman di dalam kepolisian, integritas moralnya dan integritas intelektualnya juga diakui. Itu menurut saya selama menjadi mitra kerja. Juga yang terpenting dari polisi, kedekatannya dengan masyarakat. Itu salah satu yang menonjol dari Pak Oegroseno ini,” ujar Khotibul Umam Wiranu saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (03/08/2013).

Komjen Pol Oegroseno resmi menjabat sebagai Wakapolri sejak 2 Agustus 2013. Hal ini sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor Keputusan 557/VII/2013 tanggal 31 Juli 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan di dalam Lingkungan Polri.

Sebelum diangkat menjadi orang kedua di institusi kemanan ini, Oegroseno pernah dipercaya memegang beberapa posisi strategis seperti Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2009), Kapolda Sumatera Utara (2010), Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kallemdipol) Polri (2011) dan Kabaharkam Polri (2012).@endang