Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE UTAMA

PBNU tetapkan Lebaran 8 Agustus 

LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersepakat atas jatuhnya 1 syawal 1434 Hijriah jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013.

Pernyataan itu disampaikan KH Ahmad Ghazali yang mewakili unsur PBNU, bertempat di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (07/08/2013).

“Insya Allah, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis 8 Agustus. Ini berdasarkan hitungan Hisab sudah mencapai 3,87 derajat dan umur bulan sudah 13 jam,” jelasnya.

Kendati begitu, PBNU belum bisa memastikan kapan mulai awal 1 Syawal 1434 Hijriah, sebab dikarenakan masih menunggu sidang Isbat yang diketuai oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Ghazali memaparkan, penentuan awal bulan dilakukan melalui rukyat dengan mendapatkan hilal lebih 2 derajat, umur bulan 8 jam antara saat ijtima dengan ghurubi atau sudut elongasi 3 derajat.

Sekitar Pukul 04:51 WIB tadi, ketinggian hilal di seluruh Indonesia saat matahari terbenam sudah di atas ufuk atau melampaui 2 derajat sampai 3,87 derajat. Saat itu, umur hilal berkisar 13 jam 3 menit 22 detik dengan sudut elongasi 7.09 derajat.@priokustiadi

Baca Juga:  Dituntut 2 tahun, musisi Boomerang ngaku ciptakan banyak lagu dalam Rutan Medaeng