Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Kapal pemudik kandas di perairan Gilimanuk Bali 

LENSAINDONESIA.COM: KMP Gerbang Samudera yang mengangkut ratusan pemudik dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, kandas di perairan Selat Bali,  sekitar 1 mil dekat Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (10/08/2013).

Sekretaris Korporasi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery, Christine Hutabarat, mengatakan kapal tersebut kandas sekitar pukul 09.45 WIB.

“Namun, kami baru terima informasi pukul 10.00 WIB,” kata dia dalam rilisnya, Sabtu siang.

Kapal milik PT Gerbang Samudera Sarana itu membawa 206 pemudik yang terdiri dari 148 penumpang dewasa dan 58 penumpang anak-anak. Selain itu, juga terdapat 54 kendaraan.

Saat ini, seluruh penumpang telah dievakuasi oleh tim Search And Rescue (SAR) dari Pangkalan TNI AL dan Polisi Perairan Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk. Hingga Pukul 13.00 WIB, seluruh penumpang selesai diselamatkan.

Cristine mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kandasnya kapal. “Bukan karena cuaca buruk karena cuaca sedang cerah hari ini,” katanya.

PT ASDP sendiri memprediksi hari ini hingga Minggu besok merupakan puncak arus balik dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk.

Manager Usaha PT ASDP Cabang Pelabuhan Gilimanuk, Wahyudi Susianto, mengatakan seluruh penumpang yang dievakuasi masih beristirahat di aula Pelabuhan Gilimanuk. Mereka menunggu kendaraan yang masih berada di dalam kapal.

Saat ini, Tim SAR gabungan sedang berupaya menarik kapal dengan menggunakan sebuah kapal tunda.@ridwan_LICOM/TC

Baca Juga:  450 peserta banjiri ajang Telkomsel TED Fest