LENSAINDONESIA.COM:Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan bergotong royong membersihkan Sungai Ciliwung dengan menyusuri aliran sungai di dekat jalan raya akses UI hingga Cijantung, Jakarta Timur.

Pembersihan Sungai Ciliwung tersebut, akan digelar pada sabtu (24/8/13) besok yang melibatkan lebih kurang 30 anggota Kopassus serta 80 sivitas akademika UI yang terdiri dari mahasiswa baru, mahasiswa anggota MAPALA UI serta dosen dan pimpinan UI.

Sementara itu, dalam pelaksanaanya akan dilakukan dari sungai Ciliwung sepanjang enam kilometer, sampah yang akan diangkut adalah sampah anorganik seperti plastik, styrofoam, botol plastik, kaleng dan sejenisnya yang kemudian
sampah tersebut akan diserahkan kepada pengolahan sampah terpadu untuk didaur ulang. Diakhir kegiatan akan ditutup dengan ramah tamah antara mahasiswa dengan anggota Kopassus serta pembinaan Wawasan Kebangsaan oleh Pejabat Waas Kopassus.

Kegiatan ini, dilaksanakan untuk mengurangi tumpukan sampah yang menyangkut dipinggiran sungai Ciliwung akibat sampah yang dibuang oleh warga secara sembarangan dan hal ini juga bisa membuat aliran air menjadi lancar serta bersih.