LENSAINDONESIA.COM: Tokoh-tokoh nasional turut meyaksikan pelantikan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan Wakil Gubenur Jateng pereode 2013-2018.

Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah. Upacara pelantikan ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Rapat paripurna istimewa itu dibuka Jumat (23/08), pukul 08.55 WIB oleh Plt ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden oleh Sekwan DPRD Jateng, Prijo Anggoro.

Dengan mengucap sumpah Ganjar Pranowo dan Heru Sujadmoko dengan disaksikan seluruh tamu undangan. Pejabat yang hadir dalam pelantikan tersebut adalah Gamawan Fauzi beserta istri, Ketua DPD Irman Gusman, Menpora Roy Suryo, dan sejumlah gubernur. Diantaranya Gubernur Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

“Demi Allah saya bersumpah menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,” ucap Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar-Heru menandatangani berita acara, dilanjutkan penyematan tanda jabatan oleh Gamawan Fauzi. Usai itu Mendagri memberikan sambutan pelantikan kepada gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2013-2018.

“Tugas Gubernur dan Wakil Gubernur, menyinergikan kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Seperti kata Soekarno, jangan pernah lupakan sejarah, langkah yang dimulai hari ini, hingga lima tahun ke depan tidak lepas dari kepemimpinan periode sebelumnya,” pesan Mendagri.

Selanjutnya Ganjar-Heru menandatangani pakta integritas dan menerima memori tugas jabatan dari mantan Gubernur Jawa Tengah dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Rustriningsih.

Diluar Gedung DPRD, ribuan warga Semarang menyaksikan acara pelantikan melalui layar LCD besar yang disiapkan oleh panitia, bahkan masyarakat disajikan berbagai hidangan kuliner oleh puluhan pedangang kuliner Semarang. @yuwana _irianto