LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 1.560 orang mengikuti acara pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (25/08/2013).

Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) menggandeng kelompok lintas agama di Jombang dan Jawa Timur sebagai kampanye pentingnya kebersamaan dalam keberagaman.

Kegiatan pengobatan massal dan gratis di kawasan pondok pesantren Tebuireng dimulai pukul 08.00 pagi dan berakhir pada pukul 13.00. Sejak pagi, ratusan orang dari sejumlah wilayah di Jombang sudah antri di lokasi kegiatan.

Salah satu panitia, Ubaidillah mengatakan, untuk keperluan pengobatan gratis, pihaknya menyiapkan 6 dokter untuk penanganan medis. Kegiatan ini juga menyiapkan penanganan kesehatan dengan akupuntur, pijat refleksi dan pijat listrik. “Ada juga kegiatan donor darah,” ujar pengurus LSPT bidang Komunikasi ini.

Kegiatan pengobatan gratis diselengarakan oleh Badan Sosial Pondok Pesantren Tebuireng (LSPT) setiap tahun sekali. Pada pelaksanaan tahun ini, LSPT menggandeng organisasi lintas etnis dan agama, seperti Indonesia Tionghoa (INTI), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), serta Buddhist Education Center Surabaya.

Selain itu, LSPT juga menggandeng organisasi perawatan kesehatan dengan teknik terapi, yakni Ikatan Naturopatis Indonesia (IKNI). “Kami juga bekerjasama dengan PMI dan organisasi teraphis,” jelas Muhammad As’ad, Ketua LSPT. @MOH_syafii