Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mojokerto

Dinas Pendidikan Jombang digerojok DAK Rp 27 miliar 

LENSAINDONESIA.COM: Diterapkannya kurikulum 2013 menggantikan kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 berimplikasi pada gemuknya anggaran di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Tahun 2013 ini, anggaran sebanyak Rp 9 miliar siap diluncurkan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Umum, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Sukristiono Siwi mengungkapkan, pada 2013 ini pihaknya mendapat alokasi DAK senilai Rp 9 miliar lebih. Anggaran itu utamanya diperuntukkan bagi suksesnya penerapan kurikulum 2013.

Dia mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 9 miliar itu nantinya diperuntukkan bagi proyek rehabilitasi laboraturium dan ruang praktek, pengadaan alat peraga dan alat praktek. “Sebenarnya ada juga untuk pengadaan buku K13 (kurikulum 2013). Tetapi pengadaan buku ini akhirnya ditarik dan bukunya di drop dari pusat,” jelas Sukristiono kepada LICOM, Minggu (08/09/2013).

Pada tahun 2013 ini, jumlah anggaran dari DAK untuk kepentingan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Jombang mencapai Rp 27 miliar. Anggaran itu diperuntukkan bagi pendidikan tingkat SD sebesar Rp 11 miliar lebih, SMP sebesar Rp 7 miliar, dan SMA dan SMK mencapai Rp 9 miliar lebih.

Mayoritas proyek DAK dialokasikan untuk pembangunan fisik dengan mengunakan model swakelola. Model ini menjadikan sekolah sasaran memiliki kewenangan besar mengelola dana tersebut. Alokasi dana DAK ini diperuntukkan untuk penggadan alat-alat sekolah seperti alat peraga dan praktek dikemas dalam lelang yang ditangani ULP Pemkab Jombang.@MOH_syafii

Alokasi DAK Dispendik Jombang 2013

SD : Rp 11 Miliar
SMP : Rp 7 Miliar
SMA/SMK : Rp 9 Miliar
Jumlah : Rp 27 Miliar Lebih

Sumber: Dinas Pendidikan Jombang