LENSAINDONESIA.COM: Puluhan orang rela mengantri untuk mencicipi kopi terbaik Indonesia, dalam pemeran kopi di Town Square. Tersedia berbagai jenis kopi dan olahannya.

Ya,bagi anda pecinta kopi, bisa datang ke pekan promosi kopi special dari Toraja dan kopi Flores di Surabaya Town Square (Sutos) Surabaya. Pameran yang diadakan oleh VECO Indonesia (LSM asal Belgia) ini, diikuti petanai-petani dari wilayah produsen speciality coffe Indonesia, yaitu Toraja, Bajawa dan Manggarai.

VECO juga menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Lokal dan pengiat kopi speciality, yaitu Asosiasi Kopi Seluruh Indonesia (AKSI) dan Anomali Coffe.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 7-12 September 2013, mempunyai dua tujuan. Pertama untuk mengenalkan kopi-kopi terbaik dari petani Indonesia.

“Indonesia merupakan produsen kopi-kopi terbaik di dunia, tapi kurang dikenal daerah produksinya sendiri,”kata Rogier Eijkens, Perwakilan Regional VECO Indonesia (7/9/2013).

Kopi Arabica Toraja, merupakan kopi dengan cita rasa terbaik, pada lelang kopi di Surabaya tahun 2012 lalu. Sedangkan kopi robusta Manggarai mendapat peringkat pertama.

Tujuan kedua, adalah agar petani bisa belajar memasarkan secara, sekaligus mengenalkan konsumen terhadap kopi mereka. Karena itu, selama pameran tersebut juga ada proses pembuatan kopi yang dipraktekkan langsung oleh barista-barista profesional. Selanjutnya konsumen juga diajak untuk mengisi survei tentang kualitas masing-masing kopi.

“Saya tadi sudah mencicipi kopinya. Rasanya begitu unik dan khas. Misalnya kopi robusta maggarai ini, ada sensasi rasa yang sedikit masam. Sedangkan kopi Arabica Bajawa, aroma dan rasanya lebih pekat,”komentar Cristopher, salah satu pengunjung yang mencicipi.@syska_liana