Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

DPRD Jabar tunggu kepastian peresmian Waduk Jatigede 

LENSAINDONESIA.COM: DPRD Provinsi Jawa Barat sampai saat ini belum mendapat informasi lebih lanjut dari Pemprov Jabar maupun dari pusat, terkait kapan kepastian Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang akan resmi dialiri air genangan.

Dalam rapat dengan Bappeda beberapa waktu lalu DPRD mengaku sudah mempertanyakan hal itu. Namun, Ketua Bappeda Jabar Denny Djuanda yang juga Ketua Samsat Jatigede mengaku hingga kini pemerintah pusat sedang mengkaji penanganan dampak sosial bagi masyarakat. “DPRD Jabar kini tengah menunggu kapastian saja,” ujar Ketua Komisi D DPRD Jabar, MQ.Iswara saat ditemui LICOM usai mengikuti Sidang Paripurna DPRD Jabar Senin (9/9/2013).

Menurutnya, DPRD Jabar sudah menggangarkan dana untuk pembelian lahan bagi masyarakat yang terkena pembangunan Waduk Jatigede, termasuk juga anggaran untuk fasilitas warga di lokasi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Jawa Barat Denny Djuanda mengungkapkan, rencana peresmian Waduk Jatigede tidak jadi alias batal diresmiakan dalam waktu dekat ini. Karena pemerintah pusat sedang mengkaji penanganan dampak sosial bagi masyarakat setelah waduk resmi dialiri air genangan. Dari hasil kajian tersebut, nanti akan dituangkan dalam bentuk Keputusan Presiden ( Keppres).

Dia sudah berulang kali berkoordinasi dengan kementerian terkait di pusat, seperti Kementeiran PU, Kementerian Tenagakerja dan Transmigrasi hingga Kementerian Perumahan Rakyat. Dia disarankan mempunyai payung hukum melalui Keppres.

Denny mengakui bahwa dari 4.605 hak rumah, baru disediakan 600 rumah. Yang sisanya akan dibangun pada 2014 di bawah kewenangan Kemenpera. Terkait tugas dan wewenang Pemprov Jabar, menurut Denny, pihaknya diminta untuk mencarikan lahan pengganti atgau relekosi bagi warga yang terkena pembangunan Waduk Jatigede.@husein

Baca Juga:  Pembentukan AKD DPRD Surabaya, PKB minta jatah Ketua Komisi dan Badan