LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 56 mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur ikut ambil bagian dalam kegiatan pengenalan pelabuhan yang diselenggarakan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Kamis (12/9/2013). Kegiatan bertajuk Pelindo III Youth Camp 2013 itu untuk memberikan pemahaman mengenai pelabuhan kepada para generasi muda khususnya mahasiswa.

Direktur Personalia dan Umum Pelindo III, A. Edy Hidayat N, mengatakan bahwa pelabuhan sebagai bagian dari mata rantai logistik nasional belum banyak dikenal masyarakat, terlebih bagi para generasi muda yang selama ini hanya mendengar pemberitaan dan stigma negatif tentang pelabuhan seperti tempat jual beli barang gelap, lekat dengan premanisme dan hal-hal negatif lainnya.

“Peran pelabuhan sangat penting dalam menunjang perekonomian suatu bangsa, terlebih lagi di Indonesia. Itulah yang hendak kita sampaikan kepada para mahasiswa dan generasi muda, hal-hal negatif yang selama ini mereka dengar tidak sepenuhnya benar,” ujarnya saat pembukaan Pelindo III Youth Camp 2013 di Kantor pusat Pelindo III.

Pelindo III Youth Camp 2013 diselenggarakan selama tiga hari terhitung mulai Kamis (12/9) hingga Sabtu (16/9). Tema yang diambil dalam kegiatan itu adalah `Now A Learner, Tomorrow A Leader`. Selama tiga hari, mahasiswa akan diberikan pembekalan materi seputar pelabuhan khususnya bisnis yang dijalankan oleh Pelindo III.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, ditemui disela-sela acara menyampaikan bahwa Pelindo III Youth Camp 2013 kali ini merupakan kegiatan kedua setelah diselenggarakan pertama kali pada tahun 2011.

Menurutnya, Pelindo III Youth Camp 2013 ini diselenggarakan untuk mencetak generasi muda yang memiliki wawasan luas, salah satunya mengenai aktivitas kepelabuhanan. Selain itu, para mahasiswa itu nantinya diharapkan dapat menjadi duta bagi Pelindo III untuk menyampaikan informasi yang benar seputar kepelabuhanan kepada masyarakat luas.

“Mereka adalah mahasiswa yang berpendidikan, diharapkan dengan menjadi duta Pelindo III, mereka mampu mengkomunikasikan kepada masyarakat hal-hal terkait dengan Pelindo III yang selama ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang awam,” jelasnya.

Edi juga menambahkan, Pelindo III Youth Camp 2013 diarahkan pada sebuah kegiatan pengenalan pelabuhan dalam bentuk diskusi dan kegiatan kelompok yang meminta partisipasi aktif para peserta.

Para mahasiswa juga dikenalkan langsung dengan kondisi riil di lapangan melalui metode `See, Touch and Feel` atas aktivitas yang ada di dalam sebuah terminal. “Mereka juga diajarkan mengenai kepemimpinan dan kerja tim melalui kegiatan outbond di alam terbuka,” tukasnya.@dony