Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mojokerto

Rebutan posisi basah, pejabat Jombang mulai pindah gerbong 

LENSAINDONESIA.COM: Sejumlah pejabat teras di Pemkab Jombang yang dulu dikenal loyal pada Suyanto dikabarkan mulai merapat ke Bupati baru. Pelantikan Bupati–Wakil Bupati terpilih pasangan Nyono Suherli–Mundjidah Wahab akan dilaksanakan pada 24 September 2013.

Di balik kian dekatnya pelantikan Bupati-Wakil Bupati Jombang terpilih pada Pilkada 5 Juni lalu tersiar kabar, kalangan pejabat perlahan-lahan mulai merapat, baik kepada Nyono maupun wakilnya, Mundjidah.

Mereka yang mendekati Nyono dan Mundjidah bukan saja dari kalangan birokrasri pejabat tingkat bawah, hampir sebagian besar adalah kalangan pejabat tinggi Pemkab, baik di tingkat sekretariat maupun jajaran SKPD terkait.

Menariknya, bukan saja pejabat SKPD biasa atau yang memilih netral. Namun mereka yang menjalin komunikasi untuk kepentingan karir dan jabatan berasal dari gerbong Bupati Suyanto.

Hingga kini setidaknya ada beberapa posisi basah yang sedang hangat diperbicangkan kalangan birokrat dan politisi di Jombang. Antara lain jabatan kursi sekretaris daerah (Sekda) yang masih diisi Plt Hasan, Dinas Pendidikan (Dispendik) sekarang dijabat Muntolip, serta jabatan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan dijabat Sucipto;

Jabatan lainnya yang jadi perbincangan hangat, yakni kepala Dinas PU Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan dipegang Abdul Qudus, serta kursi strategis Direktur RSUD Jombang yang sekarang dikendalikan adik kandung Suyanto, Drg Subandriah.

Bupati Jombang terpilih, Nyono Suherli tak menampik banyaknya pejabat racikan Suyanto yang mulai mendekat. Meski itu dilakukan dengan memberikan ucapan selamat atau bersilaturrahim langsung di kediaman Nyono, di Desa Sepanyul, Kecamatan Gudo, Jombang. ”Ya, kalau ada yang merapat itu otomatis. Hampir semua teman-teman birokrasi merapat,” ujar dia.@MOH_syafii