Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jawa Timur

Nasib ratusan pedagang Pasar Citra Niaga Jombang menggantung 

LENSAINDONESIA.COM: Ratusan pedagang penghuni rumah toko (Ruko) di komplek Pasar Citra Niaga Jombang tengah dilanda keresahan.

Pasalnya, masa sewa Hak Guna Bangunan (HGB) ruko yang mereka tempati untuk berdagang akan habis pada 22 September 2013 habis, namun hingga kini belum ada kejelasan bagamaimana kelanjutannya.

Menanggapi habisnya masa sewa ruko, sebanyak 69 pedagang yang menempati ruko di Jl Jend A Yani, Jombang itu sebenarnya sudah mengajukan permohonan perpanjangan sewa Hak Guna Bangunan. Pengajuan itu dilakukan dalam tiga tahap.

“Saya ikut tahap kedua, pada tanggal 2 Agustus kemarin,” ujar Agus Sugeng, salah satu penghuni ruko, Kamis (19/09/2013).

Namun, pengajuan para pedagang itu hingga kini tak kunjung ada jawaban. Sejauh ini, para pedagang hanya mendapatkan jawaban bahwa keputusan soal kelanjutan sewa ruko yang habis masa HGBnya masih menunggu keputusan kepala daerah yang baru. “Jawabannya? katanya sih menunggu bupati baru,” kata Agus.

Para pedagang berharap, segera ada keputusan pasti tentang bagaimana kelanjutan mereka berdagang di ruko komplek pasar Citra Niaga. “Harapannya segera ada kepastian, supaya kami ini bisa lebih tenang,” lanjut Agus.

Pernyataan senada dikatakan Adil, pedagang jam dinding dan assesorris di ruko pasar Citra Niaga Jombang. Menurut dia, pedagang hanya berharap ada kepastian agar nasib mereka tidak menggantung.

“Permintaan pedagang tidak aneh-aneh, hanya berharap segera ada keputusan,” ujar dia saat ditemui ruko pasar Citra Niaga Jombang.

Kepala Bidang Pendapatan dan Pengembangan Pasar, Dinas Pasar Kabupaten Jombang, Mas Huda Widjaja mengatakan, kewenangan untuk menentukan kelanjutan penggunaan ruko di komplek pasar citra niaga Jombang tergantung pada kebijakan Pemerintah Daerah.

“Kewenangan kami menata dan membina pedagang, soal HGB yang habis, itu masuk ranah aset daerah. Jika pengelola aset daerah mengizinkan, kami tinggal melangkah untuk pembinaan pedagang,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Berdasarkan catatan pada papan nama yang tertera di komplek pasar Citra Niaga Jombang, masa HGB ruko berlaku sampai dengan 22 September 2013. Deretan ruko yang berdiri di atas lahan seluas 22.752 M2 itu sebelumnya dikelola oleh pihak ketiga, yakni PT. Afdhol. Oleh PT Afdhol, bangunan ruko selanjutnya disewakan kepada pedagang untuk jangka waktu 15 tahun.@MOH_syafii