Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

DPRD Jabar ingin kelola situ 

LENSAINDONESIA.COM: Sejak lebih dari sepuluh tahun ini cukup banyak situ yang berada di wilayah Jawa Barat yang hilang dan berubah fungsi. Penyebabnya karena kewenagan pengelolaan situ adanya di pusat.

DPRD dan Pemprov Jabar akan meminta kepada pemerintah pusat agar situ yang ada di Jabar dapat diserahkan kewenangan pengelolaannya ke Jabar. Demikian dikatakan Ketua Komisi D DPRD Jabar MQ Iswara kepada Wartawan saat ditemui di ruang kerja Komisi D, Jumat ( 20/9/2013).

Menurutnya, keberadaan situ mempunyai fungsi cukup besar. Selain sebagai tempat penampungan air hujan, juga sebagai SDA yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan manusia, pertanian, perkebunan dan sebagainya. “Kami (dewan red) sangat menyesalkan atas hilangnya situ yang telah berubah fungsi,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas PSDA Jabar, dari puluhan situ yang ada di Jabar, kini hampir 30 persen telah hilang dan beralih fungsi menjadi perumahan. Seperti di Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung. “Kita tidak ingin lagi ke depan ada situ yang hilang dan beralih fungsi,” tegas dia.@husen

Baca Juga:  Kota Malang¬†optimis pertahankan predikat Swasti Saba Wistara