LENSAINDONESIA.COM: Pengusaha Cina, Wang Jianlin, merencanakan pembangunan pusat industri perfilman seperti Hollywood. Tak tanggung-tanggung, orang terkaya di Cina ini akan menanamkan modalnya sebanyak 50 milliar yuan, setara dengan 94 triliun rupiah.

Jianlin berpendapat, bahwa industri perfilman Cina sedang berkembang pesat, sehingga mega proyek ini dinilainya akan memberikan banyak manfaat. Selain keuntungan bisnis yang akan diterimanya, mega proyek ini juga akan menjadi tonggak kemajuan industri film Cina ke level yang lebih tinggi.

Selain itu Jianlin juga mengatakan, bahwa perusahaannya, Dalian Wanda Group akan membangun komplek studio film di timur kota Qingdao. Kompleks studio film ini akan dilengkapi dengan teknologi super canggih dalam rangka menguasai industri cinematik di Cina dan dunia.

Komplek studio film yang bernama Qingdao Oriental Movie Metropolis itu akan dilengkapi dengan 20 studio, termasuk satu studio permanen bawah air yang akan dibangun di atas lahan seluas 10.000 meter persegi. Ini menurutnya akan menjadi yang terbesar di dunia.

Selain itu, komplek studio film ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pengembangan dan riset, Imax, gedung bioskop, serta museum pesohor. @yudhistira