Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Bawaslu curhat kewenangan sengketa pemilu ke MK 

LENSAINDONESIA.COM: kewenangan sengketa pemilihan umum pada penyelenggara pemilu antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) kembali menyeruak. kali ini, Bawaslu mengadu ke Mahkamah Konstitusi untuk meminta pandangan terkait batas kewenagan dalam penanganan sengketa pemilu.

Seperti diketahui sebelumnya, tugas kepengawasan pemilu di bawah kewenangan Bawaslu sejak 2008, DPR telah membentuk badan pengawas yang lebih pada etik yakni Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Namun, kewenangan ini dianggap sering bersinggungan kedua lembaga itu terkait penyelesaian sengketa pemilu.

“Bawaslu datang untuk meminta pandangan MK mengenai sengketa kepemiluan antara Bawaslu dan DKPP,” ujar ketua Bawaslu, Muhammad, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (25/09/2013).

Selain itu, Muhammad juga mengaku, bahwa anggota Bawaslu menemui MK untuk mengadukan permasalahan sengketa kewenangan antara Bawaslu dan DKPP. MK pun merespon atas aduan tersebut. MK meminta kepada Bawaslu untuk kembali kepada norma dan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana diatur dalam UU.

Banyaknya aduan sengketa pemilu, kata Muhammad, Bawaslu merasa setelah terbentuknya DKPP yang disertakan kewenangan baru pada 2012 lalu, pengaduan dari masyarakat tentang kepemiluan justru ditujukan ke DKPP.

“Itu alasan kami meminta pandangan ke MK mengenai sengketa kewenangan yang terjadi antara Bawaslu dan DKPP,” ujar Muhammad. @Yudhistira