Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi swasta nasional Trans7 melalui program acara Fish and Chef melaksanakan demo masak kuliner Indonesia yang dilaksanakan di dermaga Koarmatim, Kamis (26/9).

Program acara ini dipandu oleh Chef Dina yang diikuti oleh ibu-ibu Jalasenastri Armada Timur, termasuk Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Yus Agung Pramono turut serta dalam demo masak kuliner Indonesia pagi itu. Cuaca pagi hari yang cukup panas dan menyengat kulit tidak menyurutkan antusias ibu-ibu Jalasenastri untuk menambah ilmu memasak dari Chef Dina yang sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Acara masak-memasak ini tambah meriah dengan dipertunjukkannya penampilan yel-yel para prajurit dari Satuan Kapal Selam Koarmatim dan suporter dari ibu-ibu Jalasenastri Armatim. Dengan mengambil setting dermaga dengan latar belakang kapal perang dan patung Monjaya yang merupakan salah satu ikon kota Surabaya, menambah daya tarik program acara ini bagi pemirsa diseluruh nusantara.

Menu yang didemokan pagi hari itu berbahan dasar ikan, sesuai dengan judul program acaranya Fish and Chef, yaitu Ikan Kakap Madu Merah Nasi Bayam. Suatu menu baru dari Chef Dina yang dapat diaplikasikan ibu-ibu di rumah.

Selain demo masak juga diadakan lomba masak kreatif yang pesertanya dari ibu-ibu Jalasenastri Armatim. Kali ini lokasinya pindah ke dekat Dermaga Penjelajah Koarmatim tepatnya depan gedung Markas Pangarmatim. Lomba kreasi masak berbahan dasar ikan Nila ini diikuti oleh tiga regu, masing-masing regu terdiri dari tiga orang.

Tiga regu itu dinamai dengan nama-nama ikan yaitu Regu Hiu, Paus dan Dolphin. Regu Hiu dengan menu kreasi Ikan Nila Masak Rolade, sedangkan Regu Paus dengan menu kreasi Soto Ikan Nila dan Regu Dolphin mengangkat menu kreasinya Ikan Nila Goreng Masak Woku.

Selama proses masak, para suporter masing-masing regu terus memberi dukungan dari pinggir area. Tak kalah meriahnya, yel-yel dari para prajurit Satuan Kapal Amfibi dan Satuan Kapal Bantu menambah hidupnya suasana lomba masak yang berlangsung dibawah teriknya matahari. Bahkan Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni terjun langsung untuk memberi semangat prajuritnya dan memberi dukungan kepada istrinya yang turut dalam lomba masak ini.

Setelah sekitar 30 menit, lomba kreasi masak dinyatakan selesai. Tiga orang juri yaitu Chef Dina, Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Yus Agung Pramono dan Kolonel Laut (S) Erjawan merasakan satu persatu menu yang telah disajikan oleh para peserta. Selain rasa, penilaian juga didasarkan pada kerapian dan penampilan menu masakan. Dari hasil penilaian para Juri dinyatakan sebagai Juara I yaitu Regu Dolphin dengan nilai 80 kemudian diikuti Regu Hiu sebagai Juara II dengan nilai 75 dan Juara III diraih oleh Regu Paus dengan perolehan nilai 70.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, resep menu kuliner Indonesia dan kreasi masakan dapat diikuti oleh ibu-ibu diseluruh Indonesia karena kegiatan ini akan ditayangkan oleh Trans7 sekitar bulan Oktober mendatang.