LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali menggelar kejuaraan catur terbuka tingkat internasional bertajuk ‘Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013’, yang rencananya akan digelar 9-18 Oktober 2013, di Hotel Sahid, Jakarta.

Dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Athlete Century Jakarta, Jumat (27/09) Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusuma merasa bersyukur bisa kembali menggelar turnamen kelas dunia yang sudah dijadikan salah satu turnamen wajib bagi beberapa pecatur kenamaan Dunia.

“Kami dari PB Percasi sangat bersyukur bisa kembali menyelenggarakan IOCC yang ketiga ini. Karena ini bukan hanya sebagai turnamen catur biasa, turnamen ini menjadi salah saru turnamen yang yang banyak dibicarakan dikalangan Grand Master dunia,” ujar adik kandung Prabowo Subiyanto tersebut.

Pihak panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar 100 ribu dolar Amerika, belum termasuk 30 ribu dolar untuk pecatur wanita terbaik dan 6 ribu dolar untuk junior terbaik.

“Kami telah siapkan total hadiah sebesar 100 ribu dolar. Itu belum termasuk untuk best women dan best junior,” jelas Ita Gayatri selaku Ketua Panitia IOCC.

Hashim Djojohadikusuma yang merogoh kocek pribadinya hingga 4 milyar rupiah untuk kesuksesan IOCC 2013 ini, sengaja belum membuka peluang untuk pihak luar yang mau mendukung penyelenggaraan internasional tersebut. Menurut Hashim, perlu adanya catalyst terlebih dahulu sebelum membuka pintu bagi para sponsor yang tertarik untuk ikut mendukung IOCC.

“Sampai sekarang kami memang masih menggunakan dana pribadi dalam penyelenggaraan turnamen ini. Kita harus terlebih dulu membuktikan kesuksesan acara ini sebelum membuka pintu kepada para sponsor,” ujar Hashim.

Rencananya, IOCC akan diikuti sekitar 57 peserta dari luar negeri, termasuk 37 Grand Master yang mewakili lebih dari 30 negara peserta.@muhammad