Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE EKBIS

Perusahaan Australia siap eksplorasi emas Sumbermanjing Malang 

LENSAINDONESIA.COM: Kawasan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang diyakini memiliki potensi untuk pertambangan emas. Keyakinan itu diungkapkan Bupati Malang, Rendra Kresna.

“Memang potensi emas di Sumbermanjing Wetan ini ada. Cuma tidak sebesar di Banyuwangi. Itu menurut laporan yang saya terima,” papar Rendra Kresna, sebelum melakukan petik laut di Sendangbiru, Sumbermanjing Wetan, Minggu (29/09/2013).

Ketua DPD Golkar Kabupaten Malang ini juga mengakui, bila ada perusahaan pertambangan yang kini bakal melakukan eksplorasi terkait dengan potensi emas tersebut.

Kata dia, perusahaan pertambangan yang hendak melakukan eksplorasi itu adalah PT Gata Sumber Daya.

“Perlu diketahui, mengeksplorasi potensi emas di daerah Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang itu baru pada taraf penelitian dan pengkajian. Itu beda dengan eksploitasi,” tegasnya.

Izin untuk melakukan ekplorasi itu, kata dia, sudah dikantongi oleh pihak perusahaan PT Gata Sumber Daya itu. Izin tersebut dikatakan yang mengeluarkan adalah pemerintah pusat.

Alasannya, selain berkaitan dengan kewenangan, daerah yang akan diekplorasi itu merupakan milik dari Perhutani. Sebab, kawaan yang mengandung emas itu sebagian besar ada di kawasan hutan milik Perhutani.

Kawasan yang menjadi pusat studi penelitian itu sekitar 5000 hektare. Izinya berlaku selama tiga tahun.

“Saya prediksi pengkajian dan penelitian itu masih berlangsung lama. Paling tidak sekitar 15-20 tahun. Kalau masanya tiga tahun, nanti bisa diperpanjang begitu masa izin itu habis,” paparnya.

Selama melakukan penetilian, kata dia, perusahaan wajib melaporkan hasilnya. Selain itu, tandas dia, penelitian tahap awal untuk ekplorasi itu wajib disosialisasikan pada masyarakat.

Makanya, tandas dia, pihak perusahaan yang melakukan penelitian harus melakukan sosialisasi pada masyarakat minimal 1-2 bulan. Harapannya, agar masyarakat tidak kaget dengan adanya penelitian potensi tambang emas itu.

Baca Juga:  Saatnya bisnis tata rias online besutan waria menuju Unicorn (4)

Apalagi, tandas dia, pertambangan mineral di kawasan Malang Selatan tersebut bukan  sesuatu yang baru. Alasannya, ada 39 kelompok penambang rakyat di kawasan berkarakter bukit hingga pantai dengan hasil mulai pasir besi hingga kaolin itu telah beroperasi.

Karena itu, Rendra tidak membantah jika eksplorasi pertambangan emas yang dilakukan PT Gata Sumber Daya itu disuport perusahaan tambang asal Australia, Elysium Resources Limited.

Bahkan, perusahaan tmbang dari Negeri Kanguru itu  dalam penelitian potensi emas di Malang tersebut sudah menyepakati kerja sama dengan PT Gata Sumber Daya.

Perusahaan Elysium Resources Limited itu mensuport dalam publikasi tertulis perseroan menyebutkan bila emiten berkode EYM itu siap mendanai Gata sebesar US$ 200.000 atau sekitar Rp 2,05 miliar hanya untuk melakukan eksplorasi saja.@aji dewa roisky