LENSAINDONESIA.COM: Memperingati hari Batik Nasional, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengenakan batik pemberian dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

“Makanya ini pake batik, pemberian pak Jokowi dari solo. Enak sih ini,” ujar pria yang akrab disapa Ahok ini di Balaikota, Rabu (2/9/13).

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap warisan asli Indonesia ini.”Kita sangat bangga akhirnya batik betul-betul menjadi milik kita dan semua orang pake batik. Batik memang keren (Bro!),” ungkapnya dengan semangat kebanggaan.

Diketahui, 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional, dan Tahun 2013 ini adalah tahun keempat diperingati sebagai hari batik nasional. Pada 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

UNESCO mengakui bahwa batik merupakan milik Indonesia. Batik di forum dunia kini identik dengan citra Indonesia.

Dengan keputusan UNESCO itu, pemerintah pun menetapkan 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Coba saja tengok di kanan kiri atau depan belakang Anda, pasti banyak yang berbatik ria hari ini. Bangga batik tentu juga bangga dengan warisan budaya Indonesia.@silma