LENSAINDONESIA.COM: Grand Final FIBA 3×3 World Tour akan berlangsung di Istanbul tgl 4-5 Oktober 2013. Grand Final diikuti oleh 12 tim yang terbagi ke dalam 3 pool. Indonesia yang diwakili oleh Tim Jakarta berada di pool A bersama dengan tim dari Nagoya (Jepang), Boucharest (Romania) dan Caddebostan (Turkey).

Seperti dilansir situs resmi Perbasi, babak penyisihan FIBA 3×3 World Tour telah diselenggarakan di 5 kota, mulai bulan Juli sampai dengan September 2013 lalu. Dua tim terbaik tiap seri berhak maju ke grand final bersama dengan 2 tim tuan rumah, yang lolos melalui jatah wild card, yaitu Tim Bosphorus dan Caddebostan.

Seri pertama FIBA 3×3 World Tour diselenggarakan di Tokyo (20-21 Juli 2013), Tim Jakarta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Nagoya (Jepang) dengan skor 16-15. Seri kedua di San Juan (Puerto Rico) meloloskan Tim New York Staten (AS) dan Saskatoon (Kanada) ke Istanbul.

Sedangkan, seri ketiga di Prague (Republik Ceko), keluar sebagai juara dan runner-up Tim Novi Sad (Serbia) dan Bucharest (Rumania). Seri keempat di Laussane (Swiss), Tim Kranj and Brezovica – keduanya dari Slovenia – berhasil lolos ke Istanbul. Seri kelima di Rio De Janeiro (Brasil), Tim Caracas (Venezuela) dan Neuquen (Argentina) keluar sebagai juara dan runner-up.

Anthony Gunawan, coach Tim Jakarta (Indonesia), mentargetkan Indonesia lolos dari fase grup. Anthony berharap Fandi Andika cs dapat kembali mengulang kemenangan saat final di Tokyo lalu atas Tim Nagoya. “Saya harap anak-anak dapat meraih kemenangan sebanyak-banyaknya, untuk modal di babak selanjutnya,” ujarnya.

Kapten Tim, Rama nama panggilan dari Fandi Andika Ramadhani, menyatakan siap tempur. “Saya dan teman-teman sangat bersemangat menghadapi grand final ini. Kami sudah sampai di Istanbul, kami di sini ingin mencapai hasil maksimal.”

Jadwal pertandingan Tim Jakarta pada babak penyisihan grup tanggal 4 Oktober 2013 adalah pukul 14.40 melawan Nagoya, pukul 16.40 melawan Bucharest, pukul 19.50 melawan Caddebostan. Waktu di Istanbul 4 jam lebih lambat daripada Jakarta.

Pembagian Grup Grand Final FIBA 3×3 World Tour;
Grup A : Bucharest (Rumania), Nagoya (Jepang), Jakarta (Indonesia), Caddebostan (Turki)
Grup B : Novi Sad (Serbia), Caracas (Venezuela), Neuquen (Argentina), Bosphorus (Turki)
Grup C : Brezovica (Slovenia), Kranj (Slovenia), Saskatoon (Canada), NY Staten (Amerika Serikat)