LENSAINDONESIA.COM: Setibanya di kediaman calon Kapolri Komjen Sutarman di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/10/2013), rombongan Komisi III DPR disambut tuan rumah dengan sangat ramah.

Saat acara diskusi berlangsung di kediaman, tampak rumah Kabareskrim Mabes Polri Sutarman sangat antik dengan gaya arsistektur Jawa di ruang tamu seluas sekitar 100 meter persegi yang didominasi gaya Jawa klasik berbalut warna cokelat yang terbuat dari kayu.

Dalam diskusi, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo, mengatakan, kedatangan Komisi Hukum ke rumah mantan Kapolda Metro Jaya ini merupakan hasil dari rapat pleno.

“Kami ke rumah calon, kami akan tanya kepada tetangga soal sosialisasi sang calon dan bagaimana kehidupan pribadi. Yang penting rumah ini sesuai dengan yang dimasukkan dalam LHKPN (laporan kekayaan),” ujar Bambang.

Bambang menjelaskan, fit and proper test atas Sutarman akan dilakukan pada 17 Oktober pekan depan. Namun, sejak sekarang pun secara pribadi ia memastikan bahwa Sutarman merupakan calon yang cocok.

“Calon ini cocok, senior secara kepangkatan pas dan jam terbang, berbeda saat (Kapolri) periode sebelumnya jauh dari harapan,” kata bambang yang disambut tawa.

Ia harap Sutarman mampu memperbaiki demoralisasi anggotanya, dan mempertajam kinerja Polri untuk mengusut rangkaian kasus penembakan polisi. Polri juga mesti kembali percaya diri menghadapi kasus-kasus hukum yang menurunkan martabatnya.

“Pak Sutarman ini pendiam tapi tegas,” pungkasnya.

Dalam agenda kunjungan ini langsung dipimpin Oleh Ketua Komisi III DPR,  Pieter C Zulkiefli serta beberapa anggotanya yang ikut, seperti Martin Hutabarat (Gerindra), Sarifuddin Sudding (Hanura), Nasir Djamil (PKS), Ahmad Yani (PPP), Yorris Raweyai (Golkar), Taslim Chaniago (PAN), Dasrul Djabar (Demokrat), Edi Ramli Sitanggang (Demokrat), Al Muzzamil Yusuf (PKS). @firdausi