LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mengatakan, menjamurnya kasus korupsi di Indonesia, terutama korupsi yang dilakukan para laki-laki (suami), juga bisa diakhibatkan dari kesalahan para perempuan (istri).

Menurut Megawati, kecenderungan perempuan untuk mempersaingkan kekayaan, harta benda, kedudukan, dll (terutama di kalangan hedonis dan golongan menengah ke atas), secara langsung atau tidak langsung menjadi dorongan bagi para laki-laki untuk menghalalkan segala cara dalam memperoleh kekayaan materi. Megawati menyebut, inilah sikap yang menimbulkan perilaku korupsi.

“Dorongan ibu-ibu untuk selalu hidup mewah juga bisa loh jadi penyebab suami-suami korupsi,” ujar Megawati kepada para peserta diskusi yang bertema ‘Perempuan dan Peradaban Indonesia’ di Kantor DPP PDIP, di Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Menurut Megawati, sikap perempuan yang seperti ini adalah kemunduran peran perempuan dalam peradaban Indonesia.

“Bayangkan saja, pamer pemberian suami ke sana- ke sini, tapi tidak pernah berusaha mendapatkannya lewat usahanya sendiri,” ujar Megawati.

Megawati mengatakan, peran perempuan dalam pembangunan adalah yang paling penting. Karena itu, menurutnya, pergerakan kaum perempuan menuju ke arah yang lebih baik harus segera dilakukan agar menciptakan peradaban yang lebih baik. @yudisstira